PEMKAB GRESIK SABET 2 PENGHARGAAN NASIONAL BIDANG KESEHATAN 2015

Anggaran pembangunan bidang kesehatan Gresik tahun 2015 mencapai Rp. 291 milyar. Jumlah tersebut sudah mencapai 12,5 % dari APBD Gresik Tahun 2015 yaitu sekitar Rp. 2,7 Triliun.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dr. Sugeng Widodo, “Jumlah anggaran yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten Gresik tahun 2015 sudah melebihi yang diamanatkan undang-undang yakni minimal 10% dari APBD” Ujarnya melalui Kabag Humas Pemkab Gresik Senin (30/11/2015).

Atas dasar itulah, Pemerintah RI melalui Kementerian Kesehatan RI, Prof. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp. Menganugerahkan 2 penghargaan bidang kesehatan kepada Pemerintah Kabupaten Gresik. Dua penghargaan tersebut diterimakan kepada PJ Bupati Gresik, Dr. Akmal Boedianto di Gedung Bidakara Jakarta pada Jumat malam pekan lalu. Dua penghargaan masing-masing Swasti Saba Padapa untuk program Gresik sehat dan Manggala Karya Bakti Husada.

Menurut Sugeng Widodo, Program Gresik sehat yang dicapai tahun ini karena telah terciptanya suatu tatanan kawasan pemukiman dengan sarana prasarana yang sehat. Selain itu, tatanan kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri juga telah terbentuk. “ Dua tatanan ini yang memberikan penghargaan swasti saba padapa” ujar Sugeng.

Sedangkan penghargaan Manggala Karya Bakti Husada merupakan sebuah pengakuan Pemerintah pusat atas perhatian Pemerintah Kabupaten Gresik dengan mengucurkan Dana bidang kesehatan lebih dari 10% dari APBD. “Awal tahun 2010 Dana Dinas Kesehatan hanya Rp. 28 miliar. Setiap tahun selalu naik sampai pada tahun 2015 telah mencapai Rp. 135,7 miliar”. Kata Sugeng.

Beberapa pembangunan bidang kesehatan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2010 yaitu, Pembangunan RS type D di Sangkapura Pulau Bawean yang mencapai Rp. 24 miliar. Pembangunan Gedung Ponek 5 lantai di RS Ibnu Sina Gresik yang mencapai Rp. 91 miliar. Membangun 12 Puskesmas, membangun 32 Puskesmas Pembantu, membangun 38 Ponkesdes, pengadaan 26 unit mobil puskesmas Keliling dan pengadaan 5 ambulance emergency.  (sdm) 

berita Sebelumnya

PJ. BUPATI GRESIK MENUTUP SECARA RESMI PASAR RAKYAT UMKM 2015

berita Selanjutnya

WUJUDKAN TANGGUNG JAWAB, KORPRI HARUS TINGKAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *