PHBS TINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT

Kesehatan adalah Universal, sehat adalah keinginan setiap manusia, karena dengan sehat kita bisa beraktivitas, sehat bisa meliputi sehat fisik dan mental. Derajat kesehatan manusia itu di tentukan oleh 4 faktor, diantaranya faktor lingkungan, faktor perilaku, faktor keturunan dan faktor pelayanan, demikian disampaiakan ketua I Tim Penggerak PKK Kab Gresik saat membuka sosialisasi PHBS sebagai antisipasi pencegahan penyakit menular dan tidak menular, di gedung Putri mijil, hari rabu (27/7).

Ketua I TP PKK Kab Gresik Zumrotus Sholehah Qosim juga mengingatkan agar setiap individu hendaknya selalu memperhatikan  bahkan meningkatkan derajat kesehatan secara mandiri. Dengan pelaksana dan sosialisasi PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) bisa di jadikan pintu masuk untuk selalu hidup bersih dan sehat, dengan selalu membersihkan tangan sebelum dan sesudah makan, atau selalu memperhatikan lingkungan agar tetap bersih dan sehat. PHBS adalah salah satu upaya menurunkan angka kematian dan meningkatkan haparan hidup, di Gresik saat ini harapan hidup sudah mencapai 72 tahun.

Hj. Zumrotus sholehah qosim mengingatkan kepada seluruh peserta sosialisasi agar terus mengikuti apa yang diberikan narasumber, karena ini bisa  menentukan arah kehidupan kita menuju keluarga sehat dan sejahtera. Karena tujuan sosialisasi ini yaitu meningkatkan pengetahuan, kesabaran dan  kemampuan masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, untuk itu diperlukan peran serta aktif masyarakat, sehingga derajat kesehatan meningkat. disamping itu menurun angka kematian, serta kemampuan dan ketrampilan masyarakat agar mampu meningkatkan kesehatan secara mandiri. Jadi PHBS harus dilaksanakan untuk kesehatan optimal dan  harus merata di setiap Kecamatan. Saat ini semua desa/kelurahan se Kab Gresik telah melaksanakan program PHBS. Tegasnya.

Sosialisasi PHBS sebagai antisipasi pencegahan penyakit menular dan tidak menular, menghadirkan narasumber dr. Khusna dari Dinas Kesehatan dan Wulan purbani S.Psi dari Badan KB dan PP Kab Gresik, dengan di ikuti 72 peserta yang terdiri dari Ketua TP PKK Kecamatan, kader Posyandu dan Kader PHBS kecamatan se Kab Gresik (dwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *