HKN KE 52 TAHUN 2016, DINKES GRESIK GELAR CEK UP KESEHATAN MASSAL

Untuk mendukung Program Pemerintah Pusat Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Pemerintah Kabupaten Gresik dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 52 melaksanakan kegiatan cek up kesehatan massal. Acara ini di gelar saat acara Car Free Day (CFD) pada Minggu Pagi (13/11) di Wahana Ekspresi Pusponegoro Jalan Jaksa Agung Suprapto Gresik.

Ratusan masyarakat Gresik memanfaatkan kesempatan ini. Usai melakukan olah raga pagi mereka mampir pada gerai-gerai yang di buka Dinas Kesehatan Gresik. Ada pemeriksaan gula darah, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kadar kolesterol dan lemak darah, pemeriksaan kadar asam urat, serta pemeriksaan dokter dengan menggunakan stetoskop.

Sekda Gresik, Djoko Sulistio Hadi yang hadir mewakil Bupati Gresik menyatakan pihaknya sangat mendukung seluruh program pada kegiatan ini. “Kesehatan adalah program prioritas bagi Pemerintah Kabupaten Gresik. Hakekatnya, kesehatan adalah upaya yang harus dilaksanakan oleh semua komponen masyarakat. Kita perlu meningkatkan kesadaran, kemamuan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya” ungkap Sekda.

Tentang kegiatan pemeriksaan kesehatan dan cek up gratis, Kepala Dinas Kesehatan Nurul Dholam melalui kabag Humas Suyono bahwa pemeriksaan kegiatan ini salah satu upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk setiap saat selalu melakukan pemeriksaan kesehatan. “Saat ini kita tengah mengalami transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lain” katanya.

Sesuai data Dinas Kesehatan, kesakitan dan kematian akibat penyakit menular (PM) saat ini semakin menurun. Prevalensi penyakit secara umum masih cukup tinggi. Periode 1990-2015, pola kematian akibat PTM semakin meningkat (37% menjadi 57%), akibat PM menurun (56% menjadi 38%) dan akibat kecelakaan akan meningkat (7% menjadi 13%), dan tren ini kemungkinan akan berlanjut seiring dengan perubahan perilaku hidup (pola makan dengan gizi tidak seimbang, kurang akti­tas fi­sik, merokok, dll).

“Upaya promotif dan preventif yaitu dengan melakukan cek up merupakan upaya yang sangat efektif untuk mencegah tingginya kesakitan dan kematian akibat PTM dan PM” tutur Dholam.

Selain pemeriksaan kesehatan Gratis, Kabag Humas Suyono juga mengungkap beberapa kegiatan lain yang berlangsung pada arena Car Free Day tersebut diantara pameran Rumah Sakit serta berbagai fasilitas Kesehatan yang ada di Gresik. “Seluruh Rumah Sakit baik RS Pemerintah maupun swasta ikut memeriahkan kegiatan itu dengan membuka stand pameran di tempat tersebut” katanya.

Bukan hanya Rumah sakit yang ambil bagian pada kesempatan tersebut, tampak beberapa Puskesmas serta beberapa sekolah dan perguruan tinggi kebidanan serta keperawatan juga sibuk berpromosi. Untuk Rumah sakit menampilkan beberapa produk unggulan serta peralatan canggih yang dipunyai. Sedangkan perguruan kesehatan menampilkan beberapa demonstrasi aktifitas mahasiswanya. (sdm) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *