Olahraga, Malas Ah!

Dibuat oleh Administrator pada tanggal 08 Januari 2018 pukul 02:50 (44 hits)

            Bagaimana bisa memasyarakatkan olahraga di masyarakat Gresik?. Banyak cara jawabannya antara lain dengan, menyediakan sarana untuk berolahraga, kampanye tentang budaya olahraga, memulai dari diri sendiri, mulai berolahraga sekarang.

Menyediakan Sarana untuk Berolahraga

            Sarana untuk berolahraga adalah tempat untuk melakukan olahraga, di Gresik sudah banyak sarana untuk berolahraga antaralain, GOR petrokimia Gresik, Alun-alun Gresik, Car Free Day di sekitar WEP, Gresik Sport Center, Perumahan GKB dan lapangan-lapangan olahraga yang dipunyai masing-masing Desa/Kelurahan. Sudah banyak sarana berolahraga di Gresik, masih banyak alasan untuk tidak berolahraga?, lingkungan sekitar rumah bisa menjadi alternatif untuk melakukan olahraga, atau yang lebih dekat lagi rumah kita bisa dijadikan tempat untuk berolahraga. Dengan karakter rumah yang sempit kita bisa melakukan olahraga ringan seperti push up, atau  sit up. Sedangkan untuk olahraga bersepeda atau lari bisa dilakukan disekitar lingkungan rumah. Dari hal tersebut, bisa kita simpulkan, sarana tak jadi masalah utama untuk membudayakan olahraga, mulailah memanfaatkan lingkungan sekitar kita, terutama lingkungan terkecil kita yaitu rumah.

Kampanye tentang Budaya Olahraga

            Jarang ditemui memang kampanye khusus yang menyampaikan tentang budaya olahraga, namun sudah banyak kegiatan keolahragaan yang bisa dikatakan sebagai kampanye tentang budaya berolahraga. Contohnya kegiatan jalan sehat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten maupun perusahaan yang ada di Kabupaten Gresik, lewat jalan sehat ini penyelenggara berusaha untuk memberikan motivasi kepada masyarakat untuk berolahraga, walaupun lebih sering masyarakat menilai hanya dari hadiahnya saja. Jika kita ingin ikut serta mengampanyekan budaya olahraga, bisa dimulai dari diri kita sendiri. Dengan kita melakukan olahraga, maka lingkungan sekitar kita mungkin akan tertarik untuk melakukan olahraga juga. Lingkungan terkecil yang kita punya yaitu keluarga.

 Mulailah dari diri sendiri !

            Ingin sehat, dan terhindar dari risiko PTM?, mulailah berolahraga dari diri kita sendiri. Memulai mendisiplinkan diri untuk berolahraga adalah bukan hal yang mudah. Namun, ketika kita sudah bertekad untuk menghindarkan diri kita dari risiko PTM, maka hal tersebut tidaklah sulit. Dengan kita memulai berolahraga lingkungan sekitar kita juga perlahan lahan akan mengikuti. Lingkungan terkecil kita adalah keluarga. Dua keuntungan yang kita dapat, selain kita sehat dan terhindar dari risiko PTM, keluarga kita juga akan ikut mendapatkan efeknya.

Mulailah Sekarang!

 Ya, dengan memulai berolahraga sekarang sehat kita juga tidak akan ditunda-tunda. jangan menunggu tua dan banyak memiliki waktu luang, dan saat itu kita sudah sakit. Penyesalan tidak akan datang diawal, mulailah sekarang dan tuai hasilnya kemudian. Sehat tidak ada yang instan, sehari dua hari kita tidak bisa langsung merasakan efek dari olahraga yang kita lakukan, namun butuh bertahun-tahun untuk merasakan efek dari olahraga yang telah kita lakukan. Jadi mulailah sekarang!.

            Budaya berolahraga tidak akan terbentuk di masyarakat jika tidak ada kerja sama antara masyarakat, pemerintahan maupun sektor swasta. Sediakan sarana untuk berolahraga, kampanyekan budaya olahraga, mulailah dari diri sendiri, dan mulailah sekarang. Hingga tidak ada lagi ungkapan, “olahraga, malas Ah !” .(DianaF)