Visi dan Tujuan

Dibuat oleh Administrator pada tanggal 08 Januari 2018 pukul 02:50 (148 hits)

Visi Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik

Visi merupakan gambaran arah pembangunan atau kondisi masa depan yang ingin dicapai dalam kurun waktu 5 (lima) tahun yang akan datang. Visi Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik didaptkan melalui analisis telaah pada bab-bab sebelumnya. Visi ini merujuk pada visi renstra Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur sehingga Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik sebagai salah satu dari penyelenggara pembangunan kesehatan mempunyai visi :

“TERWUJUDNYA MASYARAKAT KABUPATEN GRESIK YANG MANDIRI UNTUK HIDUP SEHAT”

Makna dari terwujudnnya masyarakat Kabupaten Gresik yang mandiri adalah sikap dan kondisi masyarakat Kabupaten Gresik untuk berperan aktif dalam menolong dirinya sendiri untuk memecahkan permasalahan kesehatan di wilayahnya serta mampu memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan perorangan, keluarga, masyarakat beserta lingkungannya, guna mewujudkan hidup yang sehat dengan menciptakan suatu kondisi masyarakat Kabupaten Gresik yang bebas dari gangguan kesehatan, baik yang disebabkan karena penyakit termasuk gangguan kesehatan akibat bencana, maupun lingkungan dan perilaku.

Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik

  •       Tujuan

Tujuan organisasi merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi organisasi yang mengandung makna :

  1. Merupakan hasil akhir yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu sampai tahun terakhir renstra ;
  2. Menggambarkan arah strategis organisasi dan perbaikan-perbaikan yang ingin diciptakan sesuai tugas pokok dan fungsi organisasi ;
  3. Meletakkan kerangka prioritas untuk memfokuskan arah sasaran dan strategi organisasi berupa kebijakan, program operasional dan kegiatan pokok organisasi selama kurun waktu renstra.

Berdasarkan arahan arti dan makna penetapan tujuan organisasi tersebut maka dalam kedudukannya sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah, Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dalam mewujudkan visinya menetapkan tujuan sebagai berikut :

“Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, ibu dan anak, status gizi, dan pengendalian penyakit secara berkelanjutan didukung pemerataan akses dan mutu pelayanan”

  •        Sasaran

Sasaran merupakan penjabaran dari tujuan organisasi dan menggambarkan hal-hal yang ingin dicapai melalui tindakan-tindakan yang akan dilakukan secara operasional. Oleh karenanya rumusan sasaran yang ditetapkan diharapkan dapat memberikan fokus pada penyusunan program operasional dan kegiatan pokok organisasi yang bersifat teratur dan terukur, spesifik, mudah dicapai melalui tindakan-tindakan yang akan dilakukan secara operasional.

Sasaran organisasi yang ditetapkan pada dasarnya merupakan bagian dari proses perencanaan strategis dengan fokus utama berupa tindakan pengalokasian sumber daya organisasi ke dalam strategi organisasi. Oleh karenanya penetapan sasaran harus memenuhi kriteria specific, measurable, agresive but attainable, result oriented dan time bond. Guna memenuhi kriteria tersebut maka penetapan sasaran harus disertai dengan penetapan indikator sasaran, yakni keterangan, gejala atau penanda yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan upaya pencapaian sasaran atau dengan kata lain disebut sebagai tolok ukur keberhasilan pencapaian sasaran.

Berdasarkan makna penetapan sasaran tersebut maka sampai dengan akhir tahun 2021, Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik menetapkan sasaran dan indikator sasaran berdasarkan tujuan yang dapat dilihat pada tabel 4.1 berikut.

Strategi dan Kebijakan

Strategi dan kebijakan dibentuk untuk mencapai tujuan dan sasaran, strategi organisasi dalam hal ini Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik berisi rencana menyeluruh dan terpadu mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan secara operasional dengan memperhatikan ketersediaan sumber daya organisasi. Strategi dan kebijakan tersebut sebagai satu cara untuk mewujudkan tujuan, sasaran, dan target kinerja hasil program organisasi.

Strategi yang dirumuskan, dilakukan dengan menentukan pilihan langkah yang paling tepat antara lain dengan menggunakan metode SWOT (Strengths/ kekuatan, Weakness/ kelemahan, Opportunities/ peluang, dan Threats/ tantangan).

Berikut strategi dari analisis SWOT pada masing-masing sasaran yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik.