PUSKESMAS ALUN-ALUN

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

: UPT Puskesmas Alun Alun

: Jl. Pahlawan No. 1 Gresik

: (031) 3981865

: pkmalonalon1@yahoo.co.id

: drg. Anisah Machmudah

: UGD 24 Jam

  Persalinan 24 Jam (PONED)

  Rawat Inap

  Rawat Jalan (Buka hari Senin – Sabtu)

VISI

“TERWUJUD PELAYANAN KESEHATAN DASAR BERKUALITAS UNTUK MENJADIKAN MASYARAKAT SEHAT DAN MANDIRI”

MISI

  1. Mewujudkan pelayanan kesehatan dasar yang transparan dan profesional
  2. Meningkatkan pelayanan kesehatan dasar yang bermutu, merata dan terjangkau dalam bentuk promotif, preventif, dan kuratif
  3. Meningkatkan kemandirian masyarakat untuk hidup sehat
  4. Memberikan rasa aman dan nyaman bagi pasien dan petugas

MOTTO

“KESEHATAN ANDA KAMI UTAMAKAN”

TATA NILAI

TENTREM

Tanggap          : Pelayanan yang cepat dan segera teratasi

Empati             : Pemberi pelayanan bisa merasakan apa yang dirasakan pasien

Nyaman           : Memberikan rasa aman dan nyaman bagi pasien dan petugas

Terampil          : Memberi pelayanan berdasarkan kompetensi

Rukun             : Dapat hidup rukun dan saling menghargai

Efektif             : Memaksimalkan waktu pelayanan

Memuaskan     : Dapat memberikan kepuasan layanan terhadap masyarakat

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS ALUN-ALUN

NO KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2. Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Kartu Tanda Penduduk atau dokumen lain yang memuat Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Kartu Kunjungan Pasien untuk pasien yang sudah pernah berkunjung (Pasien Lama)
3. Sistem, Mekanisme dan Prosuder PASIEN BARU
  1. Pasien mengambil nomor antrian loket
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomor antrian loket, jika dipanggil 3 kali tidak ada maka akan dilewati 2 nomor antrian berikutnya
  3. Petugas menanyakan poli yang dituju kepada pasien
  4. Petugas meminta kartu identitas (KTP atau dokumen lain) dan kartu peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  5. Petugas memasukan identitas pasien ke dalam aplikasi pendaftaran (SIKDA dan PCare)
  6. Petugas memberikan nomor antrian poli pelayanan sesuai poli yang dituju dan mempersilakan pasien menunggu di ruang tunggu poli pelayanan
  7. Petugas membuat Rekam Medis dan mencetak kartu kunjungan pasien
  8. Petugas mengantarkan berkas rekam medis ke poli pelayanan
PASIEN LAMA
  1. Pasien mengambil nomor antrian loket
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomor antrian loket, jika dipanggil 3 kali tidak ada maka akan dlewati 2 nomor antrian berikutnya
  3. Petugas menanyakan poli yang dituju kepada pasien
  4. Petugas meminta kartu kunjungan pasien dan kartu peserta JKN bagi peserta BPJS Kesehatan
  5. Petugas melakukan pencarian dan pendaftaran pelayanan di aplikasi pendaftaran (SIKDA dan PCare)
  6. Petugas memberikan nomor antrian poli pelayanan yang dituju dan mempersilakan pasien menunggu di ruang tunggu poli pelayanan
  7. Petugas mengambil rekam medis sesuai nomor rekam medis dalam kartu kunjungan pasien
  8. Petugas mengantarkan berkas rekam medis ke poli pelayanan
4. Jangka Waktu Penyelesaian Pasien Baru 10  Menit Pasien Lama 5  Menit
5. Biaya Tarif Tidak dipungut biaya (Gratis)
6. Produk Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan
7. Sarana, Prasarana dan Utilitas Seperangkat komputer, printer, jaringan internet, Berkas Rekam Medis, Kertas Kartu Kunjungan
8. Kompetensi Pelaksanaan
  1. Menguasai pengoperasian komputer
  2. Pendidikan SLTA dan D3 Perekam medis
9. Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Telepon      : 031-3981865
  3. Email         : pkmalonalon1@yahoo.co.id
  4. Pengaduan : pengaduan.gresikkab.go.id
https://www.lapor.go.id Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan pimpinan dan petugas terkait.
11. Jumlah Pelaksanaan 3 (Tiga) orang
12. Jaminan Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai standar pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasaian data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6 (enam) sasaran keseslamatan Pasien
14. Evaluasi Kinerja Pelaksana Setiap Hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN DI PUSKESMAS ALUN-ALUN

NO KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2. Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Nomor antrian poli
3. Sistem, Mekanisme dan Prosuder
  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut antrian, jika dipanggil tidak ada maka dilewati satu nomor pasien berikutnya
  2. Petugas mempersilakan pasien masuk ke ruang pemerikasaan
  3. Petugas menanyakan kesesuaian nama dan alamat dengan identitas di rekam medis
  4. Petugas menanyakan keluhan
  5. Petugas melakukan pemeriksaan tanda vital
  6. Petugas melakukan pemeriksaan fisik sesuai keluhan dan gejala
  7. Jika memerlukan pemeriksaan penunjang, petugas membuat surat permintaan pemeriksaan penunjang dan menyerahkan kepada pasien untuk diserahkan ke bagian laboratorium
  8. Jika memerlukan tindakan, petugas membuat surat pengantar tindakan dan mengantarkan pasien ke ruang tindakan dan mengantarkan pasien ke ruang tindakan
  9. Jika memerlukan rujukan antar poli dan mempersilakan pasien menuju poli yang dituju. Petugas mengantarkan rekam medis ke poli yang dituju
  10. Setelah pemeriksaan atau hasil pemeriksaan penunjang diterima, petugas membuat resep obat jika diperlukan
  11. Petugas memberikan konseling tentang penyakit, obat-obatan yang diberikan serta hal-hal yang harus diperhatikan oleh pasien di rumah
  12. Petugas mencatat hasil pemeriksaan dan tindakan di rekam medis
  13. Petugas menyerahkan resep obat
  14. Petugas mempersilakan pasien keluar rauag pemeriksaan dan mengucapkan “Semoga Lekas Sembuh”
4. Jangka Waktu Penyelesaian Pasien tanpa pemerikassan penunjang dan tindakan 15 menit
5. Biaya Tarif
  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan perda No. 2 Tahun 2018 tentang retribusi jasa umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa iur bayar)
6. Produk Pelayanan Pemeriksaan Rawat Jalan
7. Sarana, Prasarana dan Utilitas Ruang pemeriksaan, alat kesehatan, rekam medis, obat-obatan
8. Kompetensi Pelaksanaan
  1. Perawat
  2. Dokter
  3. Tenaga Administrasi
9. Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Telepon      : 031-3981865
  3. Email         : pkmalonalon1@yahoo.co.id
  4. Pengaduan : pengaduan.gresikkab.go.id
https://www.lapor.go.id Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan pimpinan dan petugas terkait.
11. Jumlah Pelaksanaan 3 (Tiga) orang
12. Jaminan Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai standar pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasaian data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6 (enam) sasaran keseslamatan Pasien
14. Evaluasi Kinerja Pelaksana Setiap Hari

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

2018
NO
URAIAN
HASIL
1 Tingkat Kepuasan Masyarakat 90.8
2 Tingkat Harapan Masyarakat 92.9
3 Indeks Kepuasan Masyarakat 79.2
2019
NO URAIAN HASIL
1 Tingkat Kepuasan Masyarakat 91.8
2 Tingkat Harapan Masyarakat 92.9
3 Indeks Kepuasan Masyarakat 90.4
2020
NO URAIAN HASIL
1 Tingkat Kepuasan Masyarakat 92.9
2 Tingkat Harapan Masyarakat 86.9
3 Indeks Kepuasan Masyarakat 92

SERTIFIKAT DAN PENGHARGAAN