PUSKESMAS BUNGAH

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

: UPT PUSKESMAS BUNGAH

: Jl.Raya Bungah No 15 Bungah Gresik

: 031-3949600

: pkm_bungah@yahoo.com,  pkmbungah517@gmail.com

: dr.SETYO RINI

: PELAYANAN RAWAT JALAN 

  a. Pelayanan Pemeriksaan Umum

  b. Pelayanan Gigi dan Mulut

  c. Pelayanan KIA – KB

  d. Pelayanan MTBS

  e. Pelayanan IVA dan Cryotherapy

  f. Pelayanan Pojok Gizi

  g. Pelayanan Lansia

  h. Pelayanan P2P

  i. Pelayanan Kesehatan Lingkungan

  j. Pelayanan Srecning Pre Eklampsia

  k. Pelayanan PDP

  l. Pelayanan Jiwa

  m. Pelayanan Farmasi

  n. Pelayanan Laboratorium

  PELAYANAN GAWAT DARURAT (24 JAM)

  PELAYANAN RAWAT INAP UMUM (24 JAM)

  PONED DAN RAWAT INAP BERSALIN (24 JAM)

VISI

“TERWUJUDNYA PENINGKATAN DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT BUNGAH YANG MANDIRI”

MISI

  1. Mendorong kemandirian masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat
  2. Meningkatkan sumber daya manusia, sarana dan prasarana pelayanan kesehatan
  3. Membangun system informasi dan managemen puskesmas yang transparan dan akuntabel
  4. Mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkwalitas, bermutu serta terjangkau

MOTTO

“ANDA SEHAT KAMI PUAS”

TATA NILAI

H A R I S A   (Harmonis Adil Responsif Inovatif Siaga Aman)
Harmonis Menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, dengan menjaga sikap serta perilaku petugas dalam memberikan pelayanan
Adil Memberikan pelayanan tanpa membedakan status pelanggan /sasaran program
Responsif Tanggap terhadap masalah kesehatan/ keluhan pasien dan berempati terhadap penderitaan orang lain
Inovatif Kemampuan untuk mengeluarkan ide-ide kreatif dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu pelayanan puskesmas
Siaga Selalu siap 24 jam jika terjadi bencana atau kejadian yang tidak diinginkan
Aman Adanya perlindungan bagi petugas dan pasien terhadap bahaya infeksi akibat pelayanan yang diberikan

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS BUNGAH

NO KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik;
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 04 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan;
  5. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2. Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Kartu Tanda Penduduk atau dokumen lain yang    memuat Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk pasien baru
  3. Kartu Kunjungan Pasien untuk pasien yang sudah pernah berkunjung (Pasien Lama)
3. Sistem, Mekanisme dan Prosedur PASIEN BARU
  1. Pasien mengambil nomor antrian di unit pendaftaran
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomor antrian pendaftaran, jika dipanggil 3 kali tidak ada maka akan dilewati ke nomor antrian berikutnya
  3. Petugas menanyakan poli yang dituju kepada pasien
  4. Petugas meminta kartu identitas (KTP atau dokumen lain) dan Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  5. Petugas memasukkan identitas pasien ke dalam aplikasi pendaftaran (SIKDA dan PCare)
  6. Petugas memberikan nomor antrian unit pendaftaran sesuai poli yang dituju dan mempersilakan pasien menunggu di ruang tunggu poli pelayanan
  7. Petugas membuat Rekam Medis dan mencetak Kartu Kunjungan Pasien
  8. Petugas mengantarkan berkas Rekam Medis ke poli pelayanan
PASIEN LAMA
  1. Pasien mengambil nomor antrian unit pendaftaran
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomor antrian pendaftaran, jika dipanggil 3 kali tidak ada maka akan dilewati ke nomor antrian berikutnya
  3. Petugas menanyakan poli yang dituju kepada pasien
  4. Petugas meminta Kartu Kunjungan Pasien dan Kartu Peserta JKN bagi peserta BPJS Kesehatan
  5. Petugas melakukan pencarian dan pendaftaran pelayanan di aplikasi pendaftaran (SIKDA dan PCare)
  6. Petugas mengambil Rekam Medis sesuai nomor rekam medis dalam Kartu Kunjungan Pasien
  7. Petugas mengantarkan berkas Rekam Medis ke poli pelayanan
  8. Petugas memberikan rekam medis ke poli pelayanan yang dituju dan mempersilakan pasien menunggu di ruang tunggu poli pelayanan
4. Jangka Waktu Penyelesaian Pasien Baru 10 Menit Pasien Lama 5 menit
5. Biaya Tarif Tidak dipungut biaya (gratis)
6. Produk Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan
7. Sarana, Prasarana dan Utilitas Seperangkat Komputer, Printer, Jaringan Internet, Berkas Rekam Medis, Kertas Kartu Kunjungan
8. Kompetensi Pelaksana
  1. Menguasai pengoperasian komputer
  2. Pendidikan SLTA dan D3 Perekam Medis
9. Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10. Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Telepon         : 081336571872
  3. Email            : pkm_bungah@yahoo.com dan pkmbungah517@gmail.com
  4. pengaduan     : pengaduan.gresikkab.go.id
https:/ /www.lapor.go.id Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait
11. Jumlah Pelaksana 4 (Empat) orang
12. Jaminan Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14. Evaluasi Kinerja Pelaksana Setiap Hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN DI PUSKESMAS BUNGAH

NO KOMPONEN URAIAN
1 Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik;
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 04 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan;
  5. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2 Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Rekam Medis.
3 Sistem, Mekanisme dan Prosedur
  1. Petugas memanggil pasien sesuai urutan antrian poli (sesuai urutan rekam medis), jika dipanggil 3 kali tidak ada maka akan dilewati  pasien berikutnya.
  2. Petugas mempersilahkan pasien masuk ke ruang pemeriksaan.
  3. Petugas menanyakan kesesuaian Nama dan Alamat dengan identitas di Rekam Medis.
  4. Petugas menanyakan keluhan pasien.
  5. Petugas melakukan pemeriksaan tanda vital
  6. Petugas melakukan pemeriksaan fisik sesuai keluhan dan gejala.
  7. Jika memerlukan pemeriksaan penunjang, petugas membuatkan surat permintaan pemeriksaan penunjang dan menyerahkan kepada pasien untuk diarahkan ke bagian laboratorium.
  8. Jika memerlukan tindakan, petugas membuatkan surat pengantar tindakan dan mengantarkan pasien ke ruang tindakan (IGD).
  9. Jika memerlukan rujukan antar poli, petugas membuatkan surat rujukan antar poli dan mempersilahkan pasien menuju poli yang dituju. Petugas mengantarkan Rekam Medis ke poli yang dituju.
  10. Setelah pemeriksaan atau hasil pemeriksaan penunjang diterima, petugas (dokter) membuat resep obat jika diperlukan.
  11. Petugas memberikan konseling tentang penyakit, obat-obatan yang diberikan serta hal-hal yang harus diperhatikan oleh pasien di rumah.
  12. Petugas mencatat hasil pemeriksaan dan tindakan di Rekam Medis.
  13. Petugas menyerahkan resep obat.
  14. Petugas mempersilahkan pasien keluar ruang pemeriksaan untuk menunggu di kamar obat dan mengucapkan “Semoga Lekas Sembuh”.
4 Jangka Waktu Penyelesaian Pasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 15 Menit
5 Biaya Tarif
  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai Jaminan Gratis (tanpa biaya)
6 Produk Pelayanan Pemeriksaan Rawat Jalan
7 Sarana, Prasarana dan Utilitas Ruang Pemeriksaan, Seperangkat Komputer, Printer, Jaringan Internet, Rekam Medis, Obat-obatan
8 Kompetensi Pelaksana
  1. Perawat
  2. Dokter
  3. Tenaga Administrasi
  4. Apoteker/SAA
9 Pengawas Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10 Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Telepon          : 081336571872
  3. Email             : pkm_bungah@yahoo.com dan pkmbungah517@gmail.com
  4. pengaduan     : pengaduan.gresikkab.go.id
https:/ /www.lapor.go.id Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait
11 Jumlah Pelaksana 3 (tiga) orang
12 Jaminan Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
13 Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6 (enam) Sasaran Keselamat Pasien
14 Evaluasi Kinerja Pelaksana Setiap Hari

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

SERTIFIKAT DAN PENGHARGAAN