PUSKESMAS CERME

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

: PUSKESMAS CERME

: JL.RAYA CERME KIDUL NO.52 CERME GRESIK

: ( 031 ) 7990007

: cermepkm@yahoo.co.id

: dr. SUKADI

: RAWAT JALAN, RAWAT INAP, UNIT GAWAT DARURAT,

  RUANG BERSALIN, LABORATORIUM

VISI

“TERWUJUDNYA MASYARAKAT SEHAT DAN MANDIRI DI WILAYAH PUSKESMAS CERME”

MISI

  1. Menyelenggarakan Upaya kesehatan yang berkualitas
  2. Mendorong kemandirian hidup sehat bagi keluarga dan masyarakat
  3. Memberikan pelayanan yang bermutu, adil dan merata serta mudah di jangkau
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana, prasarana dan sumber daya manusia

MOTTO

“MEMBERIKAN PELAYANAN TERBAIK DARI HATI”

TATA NILAI

APIK

A : Amanah

P : Profesionalisme

I  : Inovatif

K : Kreatif

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS CERME

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.Dasar   Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang PelayananP ublik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2.Persyaratan     Pelayanan
  1. Kartu   Peserta   JKN  untuk  peserta  BPJS   Kesehatan
  2. Kartu  Tanda   Penduduk    atau   dokumen    lain    yang memuat  Nomor   Induk Kependudukan    (NIK)
  3. Kartu     Kunjungan    Pasien    untuk   pasien    yang  sudah oernah  berkunjung     (Pasien    Lama)
3.

Sistem,   Mekanisme     dan

Prosedur

PASIEN    BARU

  1. Pasien   mengambil    nomor  antrian  loket
  2. Petugas     memanggil      sesuai    urutan    nomor   antrian loket,   jika   dipanggil       3   kali    tidak   ada   maka   akan dilewati nomor antrian  berikutnya
  3. Petugas    menanyakan      poli  yang dituju  kepada  pasien
  4. Petugas meminta  kartu  identitas   (KTP atau dokumen lain)    dan   Kartu    Peserta   JKN    untuk   peserta    BPJS Kesehatan
  5. Petugas    memasukkan     identitas    pasien     ke   dalam aplikasi pendaftaran   (SIKDA  dan PCare)
  6. Petugas    memberikan   nomor  antrian   poli  pelayanan sesuai  poli yang dituju dan mempersilakan    pasien menunggu  di ruang  tunggu  poli pelayanan
  7. Petugas   membuat   Rekam   Medis   dan  mencetak   Kartu Kunjungan  Pasien
  8. Petugas    mengantarkan    berkas   Rekam  Medis    ke poli pelayanan

PASIEN    LAMA

  1. Pasien    mengambil  nomor  antrian   loket
  2. Petugas    memanggil     sesuai     urutan   nomor   antrian loket,   jika  dipanggil     3   kali    tidak    ada  maka   akan dilewati  2  nomor  antrian   berikutnya
  3. Petugas   menanyakan   poli  yang dituju  kepada  pasien
  4. Petugas      meminta    Kartu     Kunjungan      Pasien      dan
  5. Kartu   Peserta    JKN bagi  peserta  BPJS  Kesehatan
  6. Petugas      melakukan      pencarian      dan    pendaftaran pelayanan      di   aplikasi     pendaftaran      (SIKDA      dan PCare)
4.Jangka   Waktu  Penyelesaian

Pasien   Baru   10  Menit

Pasien   Lama   5 menit

5.Biaya TarifTidak dipungut   biaya (gratis)
6.Produk  PelayananPendaftaran    Rawat   Jalan
7.Sarana,    Prasarana    dan   UtilitasSeperangkat       Komputer,     Printer,      Jaringan      Internet, Berkas   Rekam   Medis,   Kertas   Kartu   Kunjungan
8.Kompetensi    Pelaksana
  1. Menguasai    pengoperasian     komputer
  2. Pendidikan      SLTA  dan 03 Perekam  Medis
9.Pengawasan   Internal
  1. Tim  Audit Internal
  2. Tim Manajemen  Mutu
  3. Kepala  Puskesmas
10.Penanganan      Pengaduan, saran  dan  Masukan

Kotak saran

Telepon      :     081235890101

Email         :     cermepkm@yahoo.co.id

Pengaduan : pengaduan.gresikkab.go.id

                        https://www.lapor.go.id

Semua pengaduan yang masuk di tangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan pimpinan dan petugas terkait

11.Jumlah   Pelaksana3 (Tiga) orang
12.Jaminan     PclayananPelayanan     dilaksanakan       sesuai   Standar    Pelayanan     dan peraturan    perundangan    yang berlaku
13.

Jaminan    Keamanan    dan

Keselamatan   Pelayanan

  1. Pelayanan    bebas  KKN dan Pungli
  2. Menjaga      kerahasiaan         data     sesuai     perundang-undangan
  3. Menerapkan     6 ( enam)  Sasaran  Keselamatan    Pasien
14.Evaluasi    Kinerja    PelaksanaSetiap   Hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN DI PUSKESMAS CERME

NO KOMPONEN URAIAN
1. Dasar   Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang PelayananP ublik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2. Persyaratan     Pelayanan
  1. Kartu   Peserta    JKN  untuk  peserta  BPJS    Kesehatan
  2.  Nomor   antrian  poli
3. Sistem,   Mekanisme   dan Prosedur
  1. Petugas     memanggil     pasien     sesuai    nomor    urut antrian,    jika  dipanggil     tidak    ada   maka   dilewati satu  nomor  pasien   berikutnya
  2. Petugas    mempersilakan     pasien   masuk   ke  ruang pemeriksaan
  3. Petugas       menanyakan         kesesuaian       Nama    dan
  4. Alamat    dengan  identitas    di  Rekam   Medis
  5. Petugas    menanyakan      keluhan
  6. Petugas   melakukan  pemeriksaan     tanda   vital
  7. Petugas      melakukan        pemeriksaan       fisik   sesuai keluhan    dan  gejala
  8. Jika  memerlukan   pemeriksaan    penunjang,     petugas membuat        surat       permintaan          pemeriksaan penunjang    dan   menyerahkan       kepada  pasien  untuk diserahkan   ke bagian   laboratorium
  9. Jika     memerlukan     tindakan,       petugas     membuat
  10. surat     pengantar     tindakan       dan    mengantarkan pasien    ke ruang tindakan
  11. Jika     memerlukan       rujukan      antar    poli,     petugas membuat   surat   rujukan   antar   poli  dan mempersilakan     pasien   menuju   poli    yang  dituju. Petugas   mengantarkan   Rekam   Medis  ke poli   yang dituju
  12.   Setelah    pemeriksaan      atau    hasil      pemeriksaan penunjang   diterima,  Petugas   membuat   resep  obat jika  diperlukan
  13.   Petugas    memberikan   konseling  tentang   penyakit, obat-obatan    yang   diberikan     serta   hal-hal     yang harus   diperhatikan     oleh pasien di rumah
  14. Petugas  mencatat  hasil  pemeriksaan     dan tindakan di  Rekam   Medis
  15. Petugas Menyerahkan resep obat
  16. Petugasmempersilakanpasienkeluarruangpemeriksaandanmengucapkan “SemogaLekasSembuh”
4. Jangka   Waktu  Penyelesaian Pasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 15 menit
5. Biaya Tarif
  1. Bia ya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa iuran biaya)
6. Produk  Pelayanan Pemeriksaan    Rawat   Jalan
7. Sarana,    Prasarana    dan   Utilitas Ruang pemeriksaan, alat kesehatan, Rekam Medis, obat- obatan
8. Kompetensi    Pelaksana
  1. Perawat
  2. Dokter
  3. Tenaga administrasi
9. Pengawasan   Internal
  1. Tim  Audit Internal
  2. Tim Manajemen  Mutu
  3. Kepala  Puskesmas
10. Penanganan      Pengaduan, saran  dan  Masukan Kotak saran Telepon      :     081235890101 Email         :     cermepkm@yahoo.co.id Pengaduan : pengaduan.gresikkab.go.id https://www.lapor.go.id Semua pengaduan yang masuk di tangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan pimpinan dan petugas terkait
11. Jumlah   Pelaksana 3 (Tiga) orang
12. Jaminan     Pclayanan Pelayanan     dilaksanakan       sesuai   Standar    Pelayanan     dan peraturan    perundangan    yang berlaku
13. Jaminan    Keamanan    dan Keselamatan   Pelayanan
  1. Pelayanan    bebas  KKN dan Pungli
  2. Menjaga      kerahasiaan         data     sesuai     perundang-undangan
  3. Menerapkan     6 ( enam)  Sasaran  Keselamatan    Pasien
14. Evaluasi    Kinerja    Pelaksana Setiap   Hari

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

2018

VARIABLETINGKAT KEPUASANTINGKAT HARAPANGAPIndek Kepuasan
Persyaratan Pelayanan3,263,53-0,2792,3%
Prosedur Pelayanan3,263,55-0,2991,8%
Waktu Pelayanan3,163,58-0,4288,3%
Biaya3,263,50-0,2493,3%
Produk Spesifikasi Jenis Layanan3,303,58-0,2892,2%
Kompetensi Pelaksana3,293,56-0,2792,4%
Perilaku Pelaksana3,283,60-0,3191,3%
Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan3,213,53-0,3291,0%
Sarana dan Prasarana3,283,57-0,2892,1%

2019

VARIABLETINGK.KEPUASANTINGKAT HARAPANGAPIndek Kepuasan
Persyaratan Pelayanan3,433,57-0,1496,0%
Prosedur Pelayanan3,463,57-0,1196,9%
Waktu Pelayanan3,283,56-0,2792,3%
Biaya3,403,59-0,1994,8%
Produk Spesifikasi Jenis Layanan3,413,63-0,2294,0%
Kompetensi Pelaksana3,433,61-0,1895,1%
Perilaku Pelaksana3,483,60-0,1296,7%
Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan3,213,46-0,2592,7%
Sarana dan Prasarana3,333,58-0,2692,8%
 30,4332,17-1,74 

2020

VARIABLETINGK.KEPUASANTINGKAT HARAPANGAPIndek Kepuasan
Persyaratan Pelayanan3,213,69-0,4887,0%
Prosedur Pelayanan3,223,67-0,4587,7%
Waktu Pelayanan3,163,69-0,5385,6%
Biaya3,143,66-0,5285,7%
Produk Spesifikasi Jenis Layanan3,213,71-0,5086,4%
Kompetensi Pelaksana3,263,71-0,4488,0%
Perilaku Pelaksana3,203,72-0,5186,1%
Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan3,163,64-0,4886,8%
Sarana dan Prasarana3,183,71-0,5285,9%
 28,7433,19-4,45 

SERTIFIKAT DAN PENGHARGAAN