PUSKESMAS DADAP KUNING

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

: PUSKESMAS DADAPKUNING

: Jl. Raya Dadapkuning No.32 Cerme

: 031-7990510

: pusk.dadapkuning@gmail.com

: dr. Hilda Betsy MR

: Pelayanan pemeriksaan umum, Pelayanan gigi & mulut, Pelayanan

  Kesehatan Ibu, Pelayanan KB, Pelayanan MTBS,Pelayanan Gawat

  Darurat, Pelayanan penyakit TBC, Pelayanan penyakit kusta,

  Pelayanan IVA, Pelayanan Catin, Pelayanan klinik sanitasi,

  Pelayanan konsultasi Gizi.

VISI

“MEWUJUDKAN PUSKESMAS BERKUALITAS MENUJU MASYARAKAT SEHAT DAN MANDIRI”

MISI

  1. Meningkatkan kualitas SDM Melalui peningkatan pengetahuan dan ketrampilan sesuai standart mutu
  2. Memberikan pelayanan kesehatan  yang menyeluruh tanpa membedakan ras agama sosial dan ekonomi
  3. Mendorong masyarakat untuk hidup sehatt secara jiwa raga dan sosial
  4. Mendorong kemandirian masyarakat melalui lingkungan dan perilaku hidup sehat.

MOTTO

“IDAMAN” : IKLAS DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN

TATA NILAI

“ KETAN “

Kualitas     : mampu memberikan pelayanan yang berkualitas

Empati  : Memberikan pelayanan dengan tulus ,ramah dan sepenuh hati

Tanggap    : Peka terhadap kebutuhan masyarakat

Akuntabel : Transparasi dalam melaksankan kegiatan dan dapat Dipertanggungjawabkan

Nyaman     : Bersahabat dalam memberikan pelayanan

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS DADAPKUNING

NO KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2. Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Kartu Tanda Penduduk atau dokumen lain yang memuat Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Kartu Kunjungan Pasien untuk pasien yang sudah pernah berkunjung (Pasien Lama)
3. Sistem, Mekanisme dan Prosedur PASIEN BARU
  1. Pasien datang, mengambil nomor antrian.
  2. Petugas ruang pendaftaran memanggil pasien sesuai nomor antrian.
  3. Petugas ruang pendaftaran menanyakan apakah pasien sudah pernah berobat ke puskesmas atau belum.
  4. Petugas menanyakan apakah pasien mempunyai kartu kunjungan, kartu BPJS, KIS atau kartu kesehatan lainnya atau tidak.
  5. Petugas membuat rekam medik pasien dan nomor kunjungan pasien baru.
  6. Petugas mencatat identitas pasien sesuai dengan KTP atau SIM yang terdiri dari : Nama, Tanggal Lahir, Nama KK, Alamat, Pekerjaan dan Asal Kota.
  7. Petugas membuat kartu kunjungan untuk pasien baru.
  8. Petugas melakukan pencatatan nomor rekam medik pasien di buku register unit ruang pendaftaran.
  9. Petugas menanyakan keluhan pasien.
  10. Petugas mengentri data untuk pasien BPJS (Mandiri, Askes, Jamkesmas).
  11. Pasien diminta menunggu di ruang tunggu sesuai dengan ruang pemeriksaan yang dituju.
  12. Petugas mengantar Rekam Medik pasien ke ruang pemeriksaan yang dituju.
PASIEN LAMA
  1. Pasien datang, mengambil nomor urut antrian.
  2. Petugas ruang pendaftaran memanggil pasien sesuai nomor antrian.
  3. Petugas menanyakan kartu berobat pasien.
  4. Petugas menanyakan apakah pasien mempunyai kartu BPJS,KIS atau kartu kesehatan lainnya.
  5. Petugas mencatat identitas pasien sesuai dengan KTP atau SIM yang terdiri dari : Nama, Tanggal Lahir, Nama KK, Alamat, Pekerjaan dan Asal Kota.
  6. Petugas mencarikan rekam medik pasien.
  7. Petugas mengembalikan kartu kunjungan pasien.
  8. Petugas melakukan pencatatan nomor rekam medik pasien di buku register unit pendaftaran.
  9. Petugas menanyakan keluhan pasien.
  10. Petugas mengentri data untuk pasien BPJS (Mandiri, Askes, Jamkesmas).
  11. Pasien diminta menunggu di ruang tunggu sesuai dengan ruang pemeriksaan yang  dituju.
  12. Petugas mengantar Rekam Medik pasien ke ruang pemeriksaan yang dituju.
4. Jangka Waktu Penyelesaian Pasien Baru 10 Menit Pasien Lama 5 menit
5. Biaya Tarif Tidak dipungut biaya (gratis)
6. Produk Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan
7. Sarana, Prasarana dan Utilitas Seperangkat Komputer, Jaringan Internet, Berkas Rekam Medis, Kartu Kunjungan
8. Kompetensi Pelaksana Pendidikan SLTA dan D3 kebidanan
9. Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10. Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan a. Kotak saran b. Telepon     : 0317990510 c. Email         :  pusk.dadapkuning@gmail.com d. Pengaduan : pengaduan.gresikkab.go.id https://www.lapor.go.id Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait
11. Jumlah Pelaksana 2 (dua) orang
12. Jaminan Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14. Evaluasi Kinerja Pelaksana Setiap Hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN UMUM DI PUSKESMAS DADAPKUNING

NO KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 7 Tahun 2014  Tentang Perencanaan dan Penganggaran Bidang Kesehatan;
  4. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  5. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2014  Tentang Pelaksanaan Program Jaminan  Kesehatan Nasional;
  6. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 11 Tahun 2015  Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Kesehatan;
  7. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2. Persyaratan Pelayanan
  1.  Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS
  2. Kesehatan
  3. Kartu Tanda Penduduk ( KTP )
  4. Nomor antrian ruang pemeriksaan
U t3. Sistem, Mekanisme dan Proseduri
  1. Petugas menerima Rekam Medis dari petugas ruang pendaftaran
  2. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut antrian dan  mempersilahkan masuk ke ruang pemeriksaan umum, jika dipanggil tidak ada maka dilewati satu nomor pasien berikutnya
  3. Petugas mencocokkan identitas pasien ( Nama, Alamat dan Usia ) dengan identitas di Rekam Medis
  4. Petugas melakukan anamnesa dan pemeriksaan tanda-tanda vital serta pemeriksaan BB, TB dan pemeriksaan lain bila diperlukan
  5. Petugas melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik sesuai dengan keluhan pasien
  6. Jika memerlukan pemeriksaan penunjang, petugas membuat surat permintaan pemeriksaan penunjang dan menyerahkan kepada pasien untuk diserahkan ke bagian laboratorium
  7. Jika memerlukan tindakan, dokter membuat surat pengantar tindakan dan petugas mengantarkan pasien ke ruang tindakan
  8. Jika memerlukan rujukan antar ruang pemeriksaan, petugas membuat surat rujukan internal dan mempersilakan pasien menuju ruang pemeriksaan yang dituju.
  9. Setelah pemeriksaan atau hasil pemeriksaan penunjang diterima, Petugas membuat resep obat jika diperlukan atau merujuk ke Rumah Sakit bila tidak bisa ditangani
  10. Petugas memberikan konseling tentang penyakit, obat-obatan yang diberikan serta hal-hal yang harus diperhatikan oleh pasien di rumah
  11. Petugas mencatat hasil pemeriksaan dan tindakan di Rekam Medis
  12. Petugas menyerahkan resep obat / surat rujukan bila dirujuk ke RS dengan memberi penjelasan tentang prosedur surat rujukan
  13. Petugas mempersilakan pasien keluar ruang pemeriksaan dan mengucapkan “Semoga Lekas Sembuh”
4. Jangka Waktu Penyelesaian Pasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 15 menit
5. Biaya Tarif
  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa iur biaya)
6. Produk Pelayanan Pemeriksaan Rawat Jalan
7. Sarana, Prasarana dan Utilitas Ruang pemeriksaan, alat kesehatan, Rekam Medis, obat-obatan
8. Kompetensi Pelaksana
  1. Perawat
  2. Dokter
9. Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10. Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan a. Kotak saran b. Call Center :  081554456464 c. Email          :  pusk.dadapkuning@gmail.com d. Pengaduan  : pengaduan.gresikkab.go.id https://www.lapor.go.id Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait
11. Jumlah Pelaksana 3 (Tiga) orang
12. Jaminan Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14. Evaluasi Kinerja Pelaksana Setiap Hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN POLI KIA/KB DI PUSKESMAS DADAPKUNING

NOKOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2.Persyaratan Pelayanan
  1.  Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Nomor antrian poli
3.Sistem, Mekanisme dan Prosedur
  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut antrian, jika dipanggil tidak ada maka dilewati satu nomor pasien berikutnya
  2. Petugas mempersilakan pasien masuk ke ruang pemeriksaan
  3. Petugas menanyakan kesesuaian Nama dan Alamat dengan identitas di Rekam Medis
  4. Petugas menanyakan keluhan
  5. Petugas melakukan pemeriksaan tanda vital
  6. Petugas melakukan pemeriksaan fisik sesuai keluhan dan gejala
  7. Jika memerlukan pemeriksaan penunjang, petugas membuat surat permintaan pemeriksaan penunjang dan menyerahkan kepada pasien untuk diserahkan ke bagian laboratorium
  8. Jika memerlukan tindakan, petugas membuat surat pengantar tindakan dan mengantarkan pasien ke ruang tindakan
  9. Jika memerlukan rujukan antar poli, petugas membuat surat rujukan antar poli dan mempersilakan pasien menuju poli yang dituju.
  10. Setelah pemeriksaan atau hasil pemeriksaan penunjang diterima, Petugas membuat resep obat jika diperlukan
  11. Petugas memberikan konseling tentang kehamilan, Nifas, KB, Catin, MTBS, obat-obatan yang diberikan serta hal-hal yang harus diperhatikan oleh pasien di rumah
  12. Petugas mencatat hasil pemeriksaan dan tindakan di Rekam Medis
  13. Petugas memberikan rujukan pada pasien apabila perlu dirujuk ke Rumah Sakit
  14. Petugas menyerahkan resep obat
  15. Petugas mempersilakan pasien keluar ruang pemeriksaan dan mengucapkan “Semoga Lekas Sembuh”
4.Jangka Waktu PenyelesaianPasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 15 menit
5.Biaya Tarif
  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa iur biaya)
6.Produk PelayananPemeriksaan Rawat Jalan
7.Sarana, Prasarana dan UtilitasRuang pemeriksaan, alat kesehatan, Rekam Medis, obat-obatan, Komputer, Bed Gynegcology

8.

 

Kompetensi Pelaksana

 

3 Bidan
9.Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10.Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan

a. Kotak saran

b. Call Center     :  081554456464

c. Email              :  pusk.dadapkuning@gmail.com

d. Pengaduan      : pengaduan.gresikkab.go.id

                             https://www.lapor.go.id

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.Jumlah Pelaksana3 (Tiga) orang
12.Jaminan PelayananPelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14.Evaluasi Kinerja Pelaksana6 hari kerja

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN POLI GIGI DI PUSKESMAS DADAPKUNING

NOKOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2.Persyaratan Pelayanan
  1.  Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Nomor antrian poli
3.Sistem, Mekanisme dan Prosedur
  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut antrian, jika dipanggil tidak ada maka dilewati satu nomor pasien berikutnya
  2. Petugas mempersilakan pasien masuk ke ruang pemeriksaan poli gigi
  3. Petugas menanyakan kesesuaian Nama dan Alamat dengan identitas di Rekam Medis
  4. Petugas menanyakan keluhan dan melakukan pemeriksaan subjektif pasien
  5. Petugas melakukan pemeriksaan objektif kesehatan gigi dan rongga mulut pada pasien
  6. Petugas melakukan pemeriksaan intra oral dan ekstra oral sesuai keluhan dan gejala
  7. Jika memerlukan pemeriksaan penunjang, petugas membuat surat permintaan pemeriksaan penunjang dan menyerahkan kepada pasien untuk diserahkan ke bagian laboratorium
  8. Jika memerlukan tindakan, petugas membuat surat inform concent pada pasien
  9. Petugas melakukan tindakan kedokteran gigi sesuai dengan SOP tindakan pelayanan poli gigi
  10. Jika memerlukan rujukan antar poli, petugas membuat surat rujukan antar poli dan mempersilakan pasien menuju poli yang dituju.
  11. Setelah pemeriksaan atau hasil pemeriksaan penunjang diterima, Petugas membuat resep obat jika diperlukan
  12. Petugas memberikan konseling tentang penyakit, obat-obatan yang diberikan serta hal-hal yang harus diperhatikan oleh pasien di rumah
  13. Petugas mencatat hasil pemeriksaan dan tindakan di Rekam Medis
  14. Petugas menyerahkan resep obat
  15. Petugas mempersilakan pasien keluar ruang pemeriksaan dan mengucapkan “Semoga Lekas Sembuh”
4.Jangka Waktu Penyelesaian
  1. Pasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tanpa tindakan 15 menit
  2. Pasien dengan pemeriksaan penunjang dan tindakan 30 menit
5.Biaya Tarif
  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa UmuM
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa iur biaya)
6.Produk PelayananPemeriksaan Rawat Jalan
7.Sarana, Prasarana dan UtilitasRuang pemeriksaan, alat kesehatan, Rekam Medis, obat-obatan

8.

 

Kompetensi Pelaksana

 

  1. Dokter gigi
  2. Perawat Gigi
9.Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10.Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan

a. Kotak saran

b. Call Center    :  081554456464

c. Email             :  pusk.dadapkuning@gmail.com

d. Pengaduan     : pengaduan.gresikkab.go.id

                            https://www.lapor.go.id

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.Jumlah Pelaksana3 (Tiga) orang
12.Jaminan PelayananPelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14.Evaluasi Kinerja PelaksanaSetiap Hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN LABORATORIUM DI PUSKESMAS DADAPKUNING

NO KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2. Persyaratan Pelayanan
  1. Lembar permintaan pemeriksaan laboratorium dari poli
  2. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
3. Sistem, Mekanisme dan Prosedur
  1. Petugas menerima  form permintaan  pemeriksaan laboratorium dari Ruang pemeriksaan Umum, ruang pemeriksaan KIA, ruang pemeriksaan Gigi dan mulut, pelayanan 24 jam dan Gawat Darurat, ruang pemeriksaan TB
  2. Petugas mempersilahkan pasien untuk meletakkan form pemeriksaan  di meja antrian
  3. Petugas mengambil form pemeriksaan laboratorium
  4. Petugas memanggil pasien sesuai urutan antrian yang telah diambil dimeja antrian
  5. Petugas mempersilahkan pasien duduk, dan menjelaskan kepada pasien tentang sampel yang akan diambil dan diperiksa
  6. Petugas mempersilahkan  kepada pasien untuk menandatangani form pernyataan tindakan medis  apabila setuju diambil tindakan medis, dan apabila tidak setuju diambil tindakan medis,petugas mempersilahkan pasien kembali ke tempat dokter pemeriksa
  7. Petugas mempersilahkan pasien untuk membayar di kasir pembayaran sesuai perda pemeriksaan lab (bagi pasien umum), bagi pasien yang mempunyai kartu  BPJS dll (menunjukkan bukti identitas / fotocopi) tidak ditarik retribusi pelayanan
  8. Petugas mempersiapkan alat alat dan bahan yang akan digunakan untuk pemeriksaan sesuai form ( urutan )
  9. Petugas melaksanakan pengambilan sampel kepada pasien sesuai dengan permintaan dokter, dan memberikan label pada tabung dan tempat yang telah disesuaikan dengan specimen yang  akan diperiksa/ diambil
  10. Petugas mempersilahkan pasien untuk menunggu hasil lab
  11. Petugas memeriksa sampel  segera setelah pengambilan sampel, sesuai  form permintaan pemeriksaan
  12. Petugas mencatat hasil pasien di buku register laboratorium, di form hasil pemeriksaan lab
  13. Petugas menyerahkan hasil pemeriksaan laboratorium kepada pasien untuk diserahkan kembali kepada dokter Pemeriksa.
4. Jangka Waktu Penyelesaian Pemeriksaan maksimal 2 jam
5. Biaya Tarif
  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa iur biaya)
6. Produk Pelayanan Pemeriksaan Laboratorium
7. Sarana, Prasarana dan Utilitas Ruang pemeriksaan, bahan pakai habis, alat kesehatan, blanko permintaan pemeriksaan laborat,  fotocopy BPJS bila punya
8. Kompetensi Pelaksana Analis kesehatan
9. Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10. Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan a. Kotak saran b. Call Center             :  081554456464 c. Email           :  pusk.dadapkuning@gmail.com d. Pengaduan : pengaduan.gresikkab.go.id https://www.lapor.go.id Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait
11. Jumlah Pelaksana 2 (dua) orang
12. Jaminan Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14. Evaluasi Kinerja Pelaksana Setiap Hari

STANDAR PELAYANAN KAMAR OBAT DI PUSKESMAS DADAPKUNING

NO KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
2. Persyaratan Pelayanan  Menunjukkan resep dari poli
3. Sistem, Mekanisme dan Prosedur
  1. Petugas menerima resep dari pasien
  2. Petugas memeriksa kesesuaian identitas pasien, nama, usia, alamat
  3. Petugas memeriksa kelengkapan resep, nama obat, aturan pakai, dan dosis
  4. Petugas meracik obat sesuai resep
  5. Petugas memberikan etiket pada setiap obat
  6. Petugas memeriksa ulang etiket dengan resep
  7. Petugas memanggil pasien, dan memastikan bahwa pasien adalah pemilik resep
  8. Petugas menjelaskan aturan pemakaian setiap obat kepada pasien
  9. Petugas menyerahkan   obat kepada pasien
  10. Petugas mempersilakan pasien pulang dan mengucapkan “Semoga Lekas Sembuh”
4. Jangka Waktu Penyelesaian Resep racikan/puyer 15 menit Resep sediaan bukan puyer/ racikan 5-10 menit
5. Biaya Tarif Gratis
6. Produk Pelayanan Pelayanan Kefarmasian
7. Sarana, Prasarana dan Utilitas Obat dan alkes lainnya
8. Kompetensi Pelaksana Asisten Apoteker
9. Pengawasan Internal
  1.  Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10. Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan a. Kotak saran b. Call Center      :  081554456464 c. Email               :  pusk.dadapkuning@gmail.com d. Pengaduan       : pengaduan.gresikkab.go.id https://www.lapor.go.id Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait
11. Jumlah Pelaksana 1 (Satu) orang
12. Jaminan Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-  undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14. Evaluasi Kinerja Pelaksana 6 hari kerja

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

2018

2019

2020

SERTIFIKAT DAN PENGHARGAAN