PUSKESMAS DAPET

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

 

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

: PUSKESMAS DAPET

: JL. TANAH LANDEAN No.49 DESA DAPET –  

  KEC.BALONGPANGGANG – KAB.GRESIK 

: 0895339421929

: pkmdapet49@gmail.com

: dr. MASRIZAL KHILDA TABA

: a. RUANG TINDAKAN

  b.POLI UMUM

  c. POLI GIGI

  d. POLI KIA

  e. POLI MTBS

  f. POLI DDTK

  g. POLI GIZI

  h. POLI SANITASI

  i. POLI IVA

  j. LABORATORIUM

  k. PUSKESMAS KELILING

VISI

“PUSKESMAS DAPET ADALAH MITRA MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKAN KECAMATAN BALONGPANGGANG SEHAT”

MISI

  1. MENGGALANG KEMITRAAN DENGAN BERBAGAI MASYARAKAT
  2. MENINGKATKAN KESEHATAN INDIVIDU KELUARGA DAN MASYARAKAT
  3. MEWUJUDKAN PUSKESMAS DAPAT SEBAGAI PUSAT INFORMASI KESEHATAN
  4. MENDORONG KEMANDIRIAN DAN KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP KESEHATAN

MOTTO

“MELAYANI DENGAN TULUS IKHLAS”

TATA NILAI

DAPET CERIA

(Disiplin-Amanah-Profesional-Edukatif-Tanggung jawab-Cekatan-Efektif-Ramah-Ikhlas-Adil)

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS DAPET

No KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik  (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2. Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan.
  2. Kartu tanda penduduk atau dokumen lain yang memuat nomor induk kependudukan (NIK).
  3. Kartu kunjungan pasien untuk pasien yang sudah pernah berkunjung (pasien lama).
3. Sistem, Mekanisme dan Prosedur PASIEN BARU
  1. Pasien mengambil nomor antrian loket
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomor antrian loket jika dipanggil tiga kali tidak ada maka akan dilewati dua nomor antrian berikutnya
  3. Petugas menanyakan poli yang dituju kepada pasien
  4. Petugas meminta kartu identitas KTP atau dokumen lain dan kartu peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  5. Petugas memasukkan identitas pasien ke dalam aplikasi pendaftaran (SIKDA dan PCare)
  6. Petugas memberikan nomor antrian poli pelayanan sesuai poli yang dituju dan mempersilahkan pasien menunggu di ruang tunggu poli pelayanan
  7. Petugas membuat rekam medik dan mencetak kartu kunjungan pasien
  8. Petugas mengantarkan berkas rekam medis ke poli pelayanan
PASIEN LAMA
  1. Pasien mengambil nomor antrian loket
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomor antrian loket jika dipanggil 3 kali tidak ada maka akan dilewati dua nomor antrian berikutnya
  3. Petugas menanyakan poli yang dituju kepada pasien
  4. Petugas meminta kartu kunjungan pasien dan kartu peserta JKN bagi peserta BPJS Kesehatan
  5. Petugas melakukan pencarian dan pendaftaran pelayanan di aplikasi pendaftaran (SIKDA dan PCare)
  6. Petugas memberikan nomor antrian Poli pelayanan yang dituju dan mempersilahkan pasien menunggu di ruang tunggu poli pelayanan
  7. Petugas mengambil rekam medis sesuai nomor rekam medis dalam kartu kunjungan pasien
  8. Petugas mengantarkan berkas rekam medis ke poli pelayanan
4. Jangka Waktu Penyelesaian Pasien Beru 10 menit Pasien Lama 5 menit
5. Biaya Tarif Tidak dipungut biaya (Gratis)
6. Produk Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan
7. Sarana, Prasarana dan Utilitas Seperangkat Komputer, Printer, Jaringan Internet, Berkas Rekam Medis, Kertas Kartu Kunjungan
8. Kompetensi Pelaksana
  1. Menguasai pengoperasian komputer
  2. Pendidikan SLTA dan D3 Perekam Medis
9. Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
  1. Kotak Saran
  2. Call Center : 0895339421929
  3. Email         : pkmdapet49@gmail.com
  4. Laman       : www.pengaduan.gresikkab.go.id
Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan pimpinan dan petugas terkait
11. Jumlah Pelaksana 3 (Tiga) orang
12. Jaminan Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6 (enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14. Evaluasi Kinerja Pelaksana Setiap hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN DI PUSKESMAS DAPET

No KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik  (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2. Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Nomor antrian poli
3. Sistem, Mekanisme dan Prosedur
  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut antrian, jika dipanggil tidak ada maka dilewati satu nomor pasien berikutnya
  2. Petugas mempersilahkan pasien masuk ke ruang pemeriksaan
  3. Petugas menanyakan kesesuaian nama dan alamat dengan identitas di rekam medis
  4. Petugas menanyakan keluhan
  5. Petugas melakukan pemeriksaan tanda vital
  6. Petugas melakukan pemeriksaan fisik sesuai keluhan dan gejala
  7. Jika memerlukan pemeriksaan penunjang petugas membuat surat permintaan pemeriksaan penunjang dan menyerahkan kepada pasien untuk diserahkan ke bagian laboratorium
  8. Jika memerlukan tindakan petugas membuat surat pengantar tindakan dan mengantarkan pasien ke ruang tindakan
  9. Jika memerlukan rujukan antar poli petugas membuat surat rujukan antar poli dan mempersilakan pasien menuju poli yang dituju bertugas mengantarkan rekam medis ke poli yang dituju
  10. Setelah pemeriksaan atau hasil pemeriksaan penunjang diterima petugas membuat resep obat jika diperlukan
  11. Petugas memberikan konseling tentang penyakit obat-obatan yang diberikan serta hal-hal yang harus diperhatikan oleh pasien di rumah
  12. Petugas mencatat hasil pemeriksaan dan tindakan di rekam medis
  13. Petugas menyerahkan resep obat
  14. Petugas mempersilahkan pasien keluar ruang pemeriksaan dan mengucapkan “Semoga lekas sembuh”
4. Jangka Waktu Penyelesaian Pasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 15 menit
5. Biaya Tarif
  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum.
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa iur biaya)
6. Produk Pelayanan Pemeriksaan Rawat Jalan
7. Sarana, Prasarana dan Utilitas Ruang pemeriksaan, alat kesehatan, rekam medis, obat-obatan
8. Kompetensi Pelaksana
  1. Perawat
  2. Dokter
  3. Tenaga administrasi
9. Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
  1. Kotak Saran
  2. Call Center : 0895339421929
  3. Email         : pkmdapet49@gmail.com
  4. Laman       : www.pengaduan.gresikkab.go.id
Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan pimpinan dan petugas terkait
11. Jumlah Pelaksana 3 (Tiga) orang
12. Jaminan Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6 (enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14. Evaluasi Kinerja Pelaksana Setiap hari

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

TAHUN
NILAI IKM
KATEGORI MUTU KRITERIA KINERJA
2018 3,91 97,78 A SANGAT BAIK
2019 3,36 84,04 B BAIK
2020 3,25 81,14 B BAIK

SERTIFIKAT DAN PENGHARGAAN