PUSKESMAS DUKUN

Dalam Proses Pembangunan

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

: UPT PUSKESMAS DUKUN

: Jl. Raya Sembungankidul No 37 Dukun, Gresik

: 081283030580

: puskesmasdukun11@gmail.com

: dr. ACH. SYAFI’

VISI

“MEWUJUDKAN MASYARAKAT SEHAT YANG  MANDIRI DAN BERKEADILAN DI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS DUKUN

MISI

  1. Menyelenggarakan Pelayanan Kesehatan Dasar yang Profesional dan Bermutu yag Berorientasi pada Pendekatan Keluarga
  2. Mendorong Kemandirian Masyarakat Untuk Hidup Sehat
  3. Meningkatkan dan Mendayagunakan Sumber Daya Menggalang Kemitraan dengan Masyarakat dan Lintas Sektor yang Berhubungan dengan Bidang Kesehatan

MOTTO

“MELAYANI DENGAN CINTA” (Cepat, Inovatif, Nyaman, Tanggap, dan Aman)”

TATA NILAI

Disiplin : Melaksanakan Pekerjaan dengan Tanggung Jawab

Utama : Mengutamakan Kepuasan Pelanggan

Kompak : Bekerjasama dengan Lintas Program dan Lintas Sektor

Unggul : Unggul Dalam Berinovasi Untuk Memberikan Pelayanan yang Terbaik

Normatif : Bekerja Sesuai dengan Aturan

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS DUKUN

NO KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5038);
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 114, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5063);
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 708);
  5. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Keselamatan Pasien (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 308);
  6. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 1335);
2. Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Kartu Tanda Penduduk atau dokumen lain yang memuat Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Kartu Kunjungan Pasien untuk pasien yang sudah  pernah berkunjung (Pasien Lama)
3. Sistem, Mekanisme dan Prosedur
  1. Pasien datang ke ruang pelayanan pendaftaran
  2. Petugas mempersilahkan pasien mengambil nomor antrian yang di sediakan a. Warna merah untuk pasien lansia (> 60 tahun), hamil dan penyandang disabilitas/ cacat, b. Warna biru untuk pasien selain yang tertuang di poin a
  3. Petugas memanggil pasien berdasarkan nomor antrian dan mengucapkan salam. Dengan mekanisme 3 nomor untuk warna merah, 1 nomor untuk warna biru Petugas menanyakan identitas pasien (pasien lama atau pasien baru) dan peserta BPJS atau umum.
  4. Petugas membuatkan kartu berobat pasien bila pasien belum pernah berobat sebelumnya.
  5. Petugas memasukkan data di Pcare BPJS bagi pasien yang memiliki kartu BPJS atau Askes.
  6. Petugas mencari rekam medis sesuai nomor indek untuk yang sudah pernah berobat, dan pada pasien baru, petugas membuatkan rekam medis yang baru
  7. Petugas mengarahkan pasien menunggu didepan Ruang Pelayanan yang dituju kemudian mencari rekam medis. Di dalam rekam medis dicantumkan nomor antrian sesuai dengan Ruang pelayanan yang dituju Hijau untuk pasien ruang pelayanan umum, Ungu untuk ruang pelayanan gigi
4. Jangka Waktu Penyelesaian Pasien Baru 10 Menit Pasien Lama 5 menit
5. Biaya Tarif Tidak dipungut biaya (gratis)
6. Produk Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan
7. Sarana, Prasarana dan Utilitas Seperangkat Komputer, Printer, Jaringan Internet, Berkas Rekam Medis, Kertas Kartu Kunjungan
8. Kompetensi Pelaksana
  1. Menguasai pengoperasian komputer
  2. Pendidikan SLTA
9. Pengawasan Internal
  1. Penanggung jawab UKP, kefarmasian dan laboratorium
  2. Tim Audit Internal
10. Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Telepon               : 081283030580
  3. Email                  : puskesmasdukun11@gmail.com
  4. Pengaduan         :  pengaduan.gresikkab.go.id
https://www.lapor.go.id Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait
11. Jumlah Pelaksana 5 (Lima) orang
12. Jaminan Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14. Evaluasi Kinerja Pelaksana Setiap Bulan

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN DI PUSKESMAS DUKUN

NOKOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5038);
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 114, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia
    Nomor 5063);
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur
    Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur
    Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 708);
    Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Keselamatan Pasien (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2017
    Nomor 308);
  5. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 1335);
2.Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Kartu Tanda Penduduk atau dokumen lain yang memuat Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Kartu Kunjungan Pasien untuk pasien yang sudah  pernah berkunjung (Pasien Lama)
3.Sistem, Mekanisme dan Prosedur
  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut dan mengucapkan salam
  2. Petugas mencocokkan identitas pasien
    dengan Rekam Medis, jika tidak cocok
    petugas mengkonfirmasikan dengan ruang
    pelayanan pendaftaran
  3. Petugas melakukan anamnesa
  4. Petugas melakukan pemeriksaan fisik
    tekanan darah kecuali Ruang Pelayanan
    MTBS mengukur berat badan, suhu dan RR
    (jika perlu) dicatat dalam buku Rekam Medis
  5. Petugas mempersilahkan pasien ke meja
    periksa dokter
  6. Dokter melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik
  7. Dokter menuliskan diagnosa pasien ke dalam rekam medis
  8. Bila memerlukan pemeriksaan penunjang
    pasien dikirim ke ruang pelayanan penunjang diagnostik
  9. Dokter mencatat hasil kajian ke dalam catatan rekam medis
  10. Dokter menjelaskan kepada keluarga pasien
    tentang hasil pemeriksaan
  11. Dokter memberi resep/rujukan
4.Jangka Waktu PenyelesaianPasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 15 menit
5.Biaya Tarif

Biaya pemeriksaan  penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum

Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa biaya)

6.Produk PelayananPemeriksaan Rawat Jalan
7.Sarana, Prasarana dan UtilitasRuang pemeriksaan, kursi pasien, alat kesehatan,
rekam medis, kertas resep, obat-obatan
   
9.Pengawasan Internal

Penanggung jawab laboratorium UKP, kefarmasian dan Tim Audit Internal

10.Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Call Center         : 081283030580
  3. Email                 : puskesmasdukun11@gmail.com
  4. Pengaduan         : pengaduan.gresikkab.go.id

                                 https://www.lapor.go.id

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.Jumlah Pelaksana68 orang
12.Jaminan PelayananPelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14.Evaluasi Kinerja PelaksanaSetiap Hari

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

SERTIFIKAT DAN PENGHARGAAN