PUSKESMAS GENDING

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

: UPT PUSKESMAS GENDING

: Jl.Veteran 175A, Gresik

: (031) 3985872

: pusk.gending@gmail.com

: Plt. Drg.Anisah Machmudah

: a. UGD 24 Jam

  b. Rawat Jalan

  c. Poli Umum

  d. Poli Gigi

  e. Poli Anak

  f. Poli Gizi

  g. Poli KIA

  h. Laboratorium

VISI

“TERWUJUDNYA PELAYANAN KESEHATAN DASAR YANG BERMUTU UNTUK MENCAPAI MASYARAKAT SEHAT DI WILAYAH PUSKESMAS GENDING

MISI

  1. Mewujudkan pelayanan kesehatan dasar yang bermutu dalam bentuk kesehatan promotif, preventif dan kuratif
  2. Membangun citra pelayanan yang inovatif
  3. Mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup bersih dan sehat

MOTTO

“MITRA MENUJU SEHAT”

TATA NILAI

Melayani dengan IKHLAS

I : Iman

K : Kompeten

H : Hati-Hati

L : Lembut

A : Arif

S : Semangat

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS GENDING

NO KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2. Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Kartu Tanda Penduduk atau dokumen lain yang memuat Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Kartu Kunjungan Pasien untuk paien yang sudah pernah berkunjung (Pasien Lama)
3. Sistem, Mekanisme dan Prosedur PASIEN BARU
  1. Pasien mengambil nomor antrian loket
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomor antrian loket, jika dipanggil 3 kali tidak ada maka akan dilewati 2 nomor antrian berikutnya
  3. Petugas menanyakan poli yang dituju kepada pasien
  4. Petugas meminta kartu identitas (KTP atau dokumen lain) dan Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  5. Petugas memasukkan identitas pasien ke dalam aplikasi pendaftaran (SIKDA dan Pcare)
  6. Petugas memberikan nomor antrian poli pelayanan  sesuai poli yang di tuju dan mempersilahkan pasien menunggu di ruang tunggu poli pelayanan
  7. Petugas membuat Rekam Medis dan mencetak Kartu Kunjungan Pasien
  8. Petugas mengantarkan berkas Rekam Medis ke poli pelayanan
PASIEN LAMA
  1. Pasien mengambil nomor antrian loket
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomor antrian loket, jika dipanggil 3 kali tidak ada maka akan dilewati 2 nomor antrian berikutnya
  3. Petugas menanyakan poli yang dituju kepada pasien
  4. Petugas meminta Kartu Kunjungan Pasien dan Kartu Peserta JKN bagi peserta BPJS Kesehatan
  5. Petugas melakukan pencarian dan pendaftaran pelayanan di aplikasi pendaftaran (SIKDA dan Pcare)
  6. Petugas memberikan nomor antrian poli pelayanan yang dituju dan mempersilahkan pasien menunggu di ruang tunggu poli pelayanan
  7. Petugas mengambil Rekam Medis sesuai nomor rekam medis dalam Kartu Kunjungan Pasien
  8. Petugas mengantarkan berkas Rekam Medis ke poli pelayanan
4. Jangka Waktu Penyelesaian
  1. Pasien Baru 10 menit
  2. Pasien Lama 5 menit
5. Biaya Tarif Tidak di pungut Biaya ( GRATIS)
6. Produk Pelayanan Pandaftaran Rawat Jalan
7. Sarana, Prasarana, dan Utilitas Seperangkat Komputer, Printer, Jaringan Internet, Berkas Rekam Medis, Kertas Kartu Kunjungan
8. Kompetensi Pelaksana
  1. Menguasai Pengoperasian Komputer
  2. Pendidikan SLTA hingga S1
9. Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
  1. Kotak Saran
  2. Telepon              : (031) 3985872
  3. E-Mail                : pusk.gending@gmail.com
  4. Pengaduan          : (031) 3985872 / 081234879093
Fb : Puskesmas Gending Ig : pkmgending Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan  pengaduan untuk dikoordinasikan dengan pimpinan dan petugas terkait
11. Jumlah Pelaksana 3 (tiga) Orang
12. Jaminan Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan Peraturan Perundangan yang berlaku
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Palayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai Perundang-Undangan
  3. Menerapkan 6 (enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14. Evaluasi Kinerja Pelaksana Setiap Hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN DI PUSKESMAS GENDING

No. KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum
  1. Undang – undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang – undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2. Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan.
  2. Nomor Antrian Poli
3. Sistem, mekanisme dan prosedur
  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut antrian, jika dipanggil tidak ada maka dilewati satu nomor pasien berikutnya
  2. Petugas mempersilakan pasien masuk ke ruang pemeriksaan
  3. Petugas menanyakan kesesuaian nama dan alamat dengan identitas di Rekam Medis
  4. Petugas menanyakan keluhan
  5. Petugas melakukan pemeriksaan tanda vital
  6. Petugas melakukan pemeriksaan fisik sesuai keluhan dan gejala
  7. Jika memerlukan pemeriksaan penunjang, petugas membuat surat permintaan pemeriksaan penunjang dan menyerahkan pada pasien untuk diserahkan ke bagian laboratorium
  8. Jika memerlukan tindakan, petugas membuat surat pengantar tindakan dan mengantarkan pasien ke ruang tindakan
  9. Jika memerlukan rujukan antar poli, petugas membuat surat rujukan antar poli dan mempersilakan pasien menuju poli yang dituju. Petugas mengantarkan Rekam Medis ke poli yang dituju
  10. Setelah pemeriksaan atau hasil pemeriksaan penunjang diterima, petugas membuat resep obat jika diperlukan
  11. Petugas memberikan konseling tentang penyakit, obat-obatan yang diberikan serta hal-hal yang harus diperhatikan oleh pasien di rumah
  12. Petugas mencatat hasil pemeriksaan dan tindakan di Rekam Medis
  13. Petugas menyerahkan resep obat
  14. Petugas mempersilakan pasien keluar ruang pemeriksaan dan mengucapkan “Semoga Lekas Sembuh”
4. Jangka waktu penyelesaian Pasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 15 menit
5. Biaya Tarif
  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda Nomor 2 tahun 2018 Tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa iur biaya)
6. Produk Pelayanan Pemeriksaan Rawat Jalan
7. Sarana, Prasarana dan Utilitas Ruang Pemeriksaan, alat kesehatan, Rekam Medis, obat-obatan
8. Kompetensi Pelaksana
  1. Dokter
  2. Perawat
  3. Tenaga Administrasi
9. Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
  1. Kotak Saran
  2. Call Center    : 031(3985872)/081234879093
  3. Email            : pusk.gending@gmail.com
  4. Pengaduan    : pengaduangresikkab.go.id
https://www.lapor.go.id Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait
11. Jumlah Pelaksana  3 (Tiga) orang
12. Jaminan Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai standar pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang – undangan
  3. Menerapkan 6 (enam) sasaran Keselamatan Pasien
14. Evaluasi Kinerja Pelaksana Setiap Hari

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

TAHUN
NILAI IKM
KATEGORI MUTU KRITERIA KINERJA
2018 3.50 88.00 B BAIK
2019 3.52 88.02 B BAIK
2020 3.57 89.27 A SANGAT BAIK

SERTIFIKAT DAN PENGHARGAAN