PUSKESMAS KEBOMAS

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

: UPT PUSKESMAS KEBOMAS

: JL.SUNAN GIRI 31 KEBOMAS – GRESIK

: (031) 3985880       

: puskesmaskebomas31@gmail.com

: DR.DYAN EKA PUSPITASARI

: a. Ruang Pemeriksaan Umum (RPU)

  b. Ruang Pemeriksaan Gigi dan Mulut (RPG&M)

  c. Ruang Pemeriksaan Kesehatan Kerja (RPKK)

  d. Ruang Pelayanan Kesehatan Ibu, Anak, KB dan Imunisasi

      (RKIA)

  e. Ruang Pelayanan 24 Jam dan Gawat Darurat (RGD)

  f. Ruang Pelayanan Gizi dan Klinik Sanitasi (RPG&KS)

  g. Ruang Pelayanan Persalinan (RPP)

  h. Ruang Pelayanan Pendaftaran, Administrasi dan Rekam Medis

      (RPRM)

  i. Ruang Pemeriksaan MTBS/Anak (RMTBS)

  j. Ruang Laboratorium (RLAB)

  k. Ruang Pemeriksaan Penyakit Menular (RP2M)

  l. Ruang Pemeriksaan DDTK dan Ruang Pelayanan Administrasi

     Rujukan (RDDTK & RPAR)

  m. Ruang Pemeriksaan IVA

  n. Ruang Tata Usaha (RTU)

  o. Ruang Pelayanan Farmasi (RPF)

  p. Ruang Laktasi

VISI

“SENTRA PELAYANAN DEMI TERWUJUDNYA MASYARAKAT  SEHAT  YANG MANDIRI DAN BERKEADILAN”

MISI

  1. MENGGERAKKAN PEMBAGUNAN BERWAWASAN KESEHATAN
  2. MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN HIDUP SEHAT BAGI KELUARGA DAN MASYARAKAT
  3. MEMELIHARA DAN MENINGKATKAN MUTU, PEMERATAAN DAN KETERJANGKAUAN PELAYANAN KESEHATAN
  4. MEMELIHARA DAN MENINGKATKAN KESEHATAN PERORANGAN, KELURGA DAN MASYARAKAT BESERTA LINGKUNGANNYA

MOTTO

“MELAYANI DENGAN SETULUS HATI”

TATA NILAI

MUTIARA

( BerMUtu Terpadu Inovatif Aman Rasional )

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS KEBOMAS

NOKOMPONENURAIAN
1.Dasar hukum
  1. Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  2. Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
2.Persyaratan pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Kartu Tanda Penduduk atau dokumen lain yang memuat Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Kartu Kunjungan Pasien untuk pasien yang sudah pernah berkunjung (Pasien Lama)
3.Sistem, Mekanisme dan Prosedur

PASIEN BARU

  1. Pasien mengambil nomor antrian loket
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomer antrian loket, jika dipanggil 3 kali tidak ada maka akan dilewati 2 nomor antrian berikutnya
  3. Petugas menanyakan ruang pelayanan yang dituju kepada pasien
  4. Petugas meminta kartu identitas (KTP atau dokumen lain) dan kartu peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  5. Petugas memasukkan identitas pasien ke dalam aplikasi pendaftaran (SIKDA dan PCare)
  6. Petugas memberikan nomor antrian ruang pelayanan sesuai ruang pelayanan yang dituju dan mempersilahkan pasien menunggu di ruang tunggu ruang pelayanan
  7. Petugas membuat Rekam Medis dan mencetak Kartu Kunjungan Pasien
  8. Petugas mengantarkan berkas Rekam Medis ke ruang layanan

PASIEN LAMA

  1. Pasien mengambil nomor antrian loket
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomer antrian loket, jika dipanggil 3 kali tidak ada maka akan dilewati 2 nomor antrian berikutnya
  3. Petugas menanyakan ruang pelayanan yang dituju kepada pasien
  4. Petugas meminta Kartu Kunjungan Pasien dan Kartu Peserta JKN bagi peserta BPJS Kesehatan
  5. Petugas melakukan  pencarian dan pendaftaran pelayanan di aplikasi pendaftaran (SIKDA dan Pcare)
  6. Petugas memberikan nomor antrian ruang pelayanan yang dituju dan mempersilahkan pasien menunggu di ruang tunggu ruang pelayanan
  7. Petugas mengambil Rekam Medis sesuai nomor rekam medis dalam Kartu Kunjungan Pasien
  8. Petugas mengantarkan berkas Rekam Medis ke ruang Pelayanan
4.Jangka Waktu Penyelesaian

Pasien Baru 8 menit

Pasiem lama 4 menit

5.Biaya TarifTidak dipungut biaya (gratis)
6.Produk PelayananPendaftaran Rawat Jalan
7.Sarana dan Prasarana dan Utilitas
  1. Ruang tunggu dilengkapi kipas angin dan televisi
  2. Koran dan bahan bacaan lainnya
  3. Mesin antrian pendaftaran
  4. Komputer, printer dan jaringan internet
8.Kompetensi Pelaksana
  1. Menguasai pengoperasian Komputer
  2. Pendidikan SLTA
9.Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Managemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10.Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Telepon      : 0812-3282-4828 (WA Only)
  3. Email         : puskesmaskebomas31@gmail.com
  4. Pengaduan : pengaduan.gresikkab.go.id

                         http://www.lapor.go.id

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.Jumlah Pelaksana4 (empat) orang
12.Jaminan PelayananPelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang – undangan
  3. Menerapkan 6 (enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14.Evaluasi Kinerja Pelaksana
  1. Evaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekali
  2. Evaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan
  3. Survei indeks kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali

STANDAR PELAYANAN FARMASI DI PUSKESMAS KEBOMAS

No.

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  2. Undang- Undang Nomer 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan
  4. Permenkes No.74 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di PUSKESMAS

2.

Persyaratan Pelayanan

Resep dari dokter umum/dokter gigi

3.

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

  1. Pasien/keluarga menyerahkan resep ke petugas ruang obat
  2. Petugas ruang obat melakukan pengkajian resep meliputi : Pengkajian administratif, pengkajian farmasetis dan mengkajian klinis
  3. Petugas ruang obat melakukan penyiapan  obat dan pemberian etiket
  4. Petugas ruang obat memanggil pasien/keluarga pasien
  5. Petugas memberikan informasi obat
  6. Pasien menerima obat

4.

Jangka Waktu Pelayanan

Racikan         : 5 menit

Non racikan  : 15 menit

5.

Tarif Biaya

Gratis

6.

Produk Pelayanan

Obat

7.

Sarana, Prasarana dan Utilitas

  1. Ruang tunggu
  2. Alat Tulis Kantor
  3. Meja
  4. Kursi
  5. Komputer
  6. Printer
  7. Telepon
  8. AC
  9. Almari / Rak obat
  10. Kulkas Obat
  11. Etiket
  12. Klip Obat
  13. Penggerus Obat
  14. Alat Pembungkus Puyer
  15. Tempat Sampah
  16. Lemari Loker Petugas
  17. Microphone

8.

Kompetensi Pelaksana

Apoteker

Asisten Apoteker Minimal SMF

9.

Pengawasan Internal

Tim Audit Internal

Tim Manajemen Mutu

Kepala Puskesmas

10.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

  1. Kotak saran
  2. Email          :
  3. Nomer Telp :
  4. Pengaduan  :

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.

Jumlah Pelaksana

2        Orang

12.

Jaminan Pelayanan

Pelayanan dilaksanakan sesuai dengan Standart Pelayanan dan Perundangan yang berlaku

13

Jaminana Pelayanan dan Keselamatan Pelayanan

Pemberian resep obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter dan pelayanan diberikan secara cepat, tepat dengan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan

14.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Setiap hari

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

Tahun
Nilai IKM
Kategori  MutuKriteria Kinerja
20183,1779,20BBaik
20193,1177,62BBaik
20203,2280,41BBaik

SERTIFIKAT DAN PENGHARGAAN