PUSKESMAS KESAMBEN KULON

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

: UPT PUSKESMAS KESAMBEN KULON

: JL. KESAMBEN KULON KEC. WRINGINANOM

: 085748914672

: kesambenkulon@gmail.com

: dr. MENIK TRI KUMALASARI

: RAWAT INAP, UGD, PENDAFTARAN, POLI KIA, POLI GIGI,

  POLI BP, POLI LANSIA, POLI TB, POLI IVA, POJOK GIZI &

  SANITASI, KEFARMASIAN, LABORATORIUM

VISI

“MASYARAKAT KESAMBEN KULON MANDIRI UNTUK HIDUP SEHAT

MISI

  1. MENDORONG KEMANDIRIAN MASYARAKAT UNTUK HIDUP SEHAT
  2. MENINGKATKAN DAN MENDAYAGUNAKAN SUMBERDAYA MASYARAKAT

MOTTO

“KEPUASAN PELANGGAN ADALAH KEBAHAGIAAN KAMI”

TATA NILAI

CEPAT TEPAT BERKUALITAS

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS KESAMBEN KULON

NO KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum
  1. Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformassi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standart Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Massyarakat
2. Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Kartu Tanda Penduduk atau dokumen lain yang memuat Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Karu kunjungan pasien untuk pasien yang dudah pernah berkunjung (Pasien lama)
3. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Pasien mengambil nomor antrian di mesin antrian kemudian menunggu panggilan nomor urut pasien, (untuk pasien disabilitas, pasien dengan usia >60 tahun dan usia <1 tahun langsung didaftar tanpa mengambil nomor antrian).
  2. Petugas memanggil pasien sesuai urutan nomor antrian
  3. Petugas loket menanyakan keperluan dan identitas pasien :
a.  Kartu berobat Puskesmas Kesamben Kulon untuk pasien lama b.  KTP c.   Kartu JKN-KIS
  1.  Petugas memasukkan identitas pasien ke dalam aplikasi pendaftaran SIKDA
  2. Bila pasien baru, maka petugas membuatkan rekam medis baru dan kartu berobat Puskesmas Kesamben Kulon, bila pasien lama maka petugas loket mencarikan rekam medis di tempat rekam medis.
  3. Petugas mencatat ientitas pasien serta keluhan pasien di lembar rekam medis dan buku register
  4. Petugas loket mempersilahkan pasien menunggu di ruang tunggu masing-masing poli tujuan pasien.
  5. Petugas loket mengantarkan map rekam medis ke masing-masing pelayanan tujuan pasien.
4. Jangka waktu penyelesaian Pasien baru 10 menit Pasien lama 5 menit
5. Biaya Tarif Tidak dipungut biaya (gratis)
6. Produk Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan
7. Sarana, Prasarana, dan Utiitas Seperangkat Komputer, Printer, Mesin Antrian, Jaringan Internet, Berkas Rekam medis, kertas Kartu Kunjungan
8. Kompetensi Pelaksana
  1. Menguasai pengoperasian komputer
  2. Pendiddikan SLTA dan S1 dengan pelatihan Rekam Medis
9. Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10. Penanganan pengaduan, saran, dan masukan
  1. Kotak saran
  2. Telepon         : 082234755895
  3. Email            : kesambenkulon@gmail.com
  4. Pengaduan    : pengaduan.gresikkab.go.id
https://www.lapor.go.id semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugass penangaan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait
11. Jumlah Pelaksana 2 (dua) Orang
12. Jaminan Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai Standart Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang – undangan
  3. Menerapkan 6 (enam) sasaran Keselamatan Pasien
14. Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Setiap hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN DI PUSKESMAS KESAMBEN KULON

NO KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum
  1. undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformassi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standart Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Massyarakat
2. Persyaratan Pelayanan  Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
3. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Petugas memanggil  pasien sesuai nomor urut antrian,jika dipanggil tidak ada maka dilewati satu nomor pasien berikutnya
  2. Petugas mempersilahkan pasien masuk ke ruang pemeriksaan
  3. Petugas menyakan kesesuaian Nama dan Alamat dengan identitas di Rekam medis
  4. Petugas menyakan keluhan dan melakukan anamnesa
  5. Petugas melakukan pemeriksaan tanda vital dan melakukan pemeriksaan fisik sesuai keluhan dan gejala
  6. Jika memerlukan pemeriksaan penunjang,peyugas membuat surat permintaan pemeriksaan penunjang dan menyerahkan pada pasien untuk di serahkan ke bagian laboratorium
  7. Jika memerlukan tindakan,petugas membuat surat pengantar tindakan dan mengantar pasien ke ruang tindakan
  8. Jika memerlukan rujukan antar poli petugas membuat pengantar rujukan dan mempersilahkan menuju poli yang di tuju. Petugas mengantar rekam medis ke poli yang dituju.
  9. Setelah pemeriksaan atau hasil pemeriksaan penunjang di terima,petugas membuat resep obat jika diperlukan
  10. Petugas memberikan konseling tentang penyakit,obat obatan yang di berikan serta hal hal yang harus diperhatikan oleh pasien di rumah
  11. Petugas mencatat hasil pemeriksaan dan tindakan di rekam medis
  12. Petugas menyerahkan resep obat
  13. Petugas mempersilahkan pasien keluar ruang pemeriksaan
4. Jangka waktu penyelesaian Pasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 15 menit
5. Biaya Tarif
  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan adalah gratis
6. Produk Pelayanan Pemeriksaan Rawat Jalan
7. Sarana, Prasarana, dan Utiitas Ruang pemeriksaan, tempat tidur periksa, meja tuis, alat kesehatan, Rekam medis, obat – obatan
8. Kompetensi Pelaksana
  1. Dokter
  2. Perawat
  3. Tenaga administrasi
9. Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10. Penanganan pengaduan, saran, dan masukan
  1. Kotak saran
  2. Telepon         : 082234755895
  3. Email            : kesambenkulon@gmail.com
  4. Pengaduan    : pengaduan.gresikkab.go.id
https://www.lapor.go.id semua pengaduan yang massuk ditangani oleh petugass penangaan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait
11. Jumlah Pelaksana 3 (tiga) Orang
12. Jaminan Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai Standart Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahassiaan data sesuai perundang – undangan
  3. Menerapkan 6 (enam) sasaran Keselamatan Pasien
14. Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Setiap hari

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

SERTIFIKAT DAN PENGHARGAAN