PUSKESMAS MANYAR

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

:  MANYAR

: JL.RAYA MANYAR NO.1 MANYAR

: 031 3950604

: puskesmasmanyar1b@gmail.com

: dr.OVALDO KURNIAWAN

: UGD 24 JAM,POLI UMUM,POLI LANSIA,POLI ANAK,

  POLI P2P, TB,COVID PKPR,GIZI,KONSELING

  PSIKOLOGI,GIGI,KB,IVA,KONSELING KESEHATAN

  LINGKUNGAN,KIA,LABORATORIUM APOTEK,

  PONKESDES & PUSTU

VISI

“MENJADIKAN PUSKESMAS ANDALAN DALAM MELAKSANAKAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT ( UKM ) DAN UPAYA KESEHATAN PERORANGAN ( UKP ) YANG BERSINERGIS BERKESINAMBUNGAN DAN BERMUTU DEMI TERWUJUTNYA KEECAMATAN MANYAR SEHAT ”

MISI

  1. Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Program sesuai standart mutu
  2. Mendorong kemandirian hidup sehat bagi individu , keluarga dan kelompok masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat
  3. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia sesuai kemajuan IPTEKDOK
  4. Mendukung pelaksanaan jaminan kesehatan nasional dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjadi peserta JKN .

MOTTO

“KAMI PEDULI KESEHATAN ANDA ”

TATA NILAI

Ringkas
Rapi
Resik
Rawat
Rajin

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS MANYAR

NO KOMPONEN URAIAN
1 Dasar Hukum Undang-Undang  Nomor  25 Tahun  2009  tentang pelayanan public Undang-Undang  Nomor  36 Tahun  2009  tentang kesehatan Peraturan    Menteri    Pendayagunaan    Aparatur Negara    dan   Reformasi    Birokrasi    Nomor    15 Tahun   2014   tentang  Pedoman   Standar Pelayanan Publik (Serita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615); Peraturan  Menteri  Kesehatan  Nomor  43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan
2 Persyaratan Pelayanan Kartu  Peserta JKN  untuk peserta  BPJS Kesehatan Kartu   Tanda   Penduduk   atau  dokumen   lain   yang  memuat  Nomor  lnduk Kependudukan  (NIK) Kartu   Kunjungan   Pasien   untuk  pasien  yang  sudah pernah berkunjung (Pasien Lama)
3 Sistem Mekanisme dan Prosedur PASIEN BARU
  1. Pasien  mengambil  nomor antrian  loket
  2. Petugas   memanggil  sesuai   urutan   nomor   antrian loket,  jika  dipanggil   3  kali   tidak   ada   maka   akan dilewati  2  nomor antrian berikutnya
  3. Petugas menanyakan poli yang dituju  kepada  pasien
  4. Petugas meminta kartu identitas (KTP atau dokumen lain) dan Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  5. Petugas   memasukkan    identitas   pasien   ke  dalam aplikasi pendaftaran  (SIKDA dan PCare)
  6. Petugas  memberikan  nomor  antrian  poli  pelayanan
  7. sesuai  poli  yang  dituju  dan  mempersilakan  pasien menunggu  di ruang tunggu poli  pelayanan
  8. Petugas  membuat  Rekam  Medis  dan mencetak Kartu
  9. Kunjungan  Pasien
  10. Petugas mengantarkan berkas Rekam  Medis ke poli pelayanan
PASIEN LAMA
  1. Pasien  mengambil  nomor antrian  loket
  2. Petugas  memanggil  sesuai  urutan  nomor   antrian loket,  jika  dipanggil   3   kali  tidak  ada  maka  akan dilewati  2  nomor antrian berikutnya
  3. Petugas menanyakan poli yang dituju  kepada  pasien
  4. Petugas    meminta   Kartu    Kunjungan    Pasien   dan Kartu  Peserta JKN bagi  peserta  BPJS Kesehatan
  5. Petugas melakukan  pencarian dan pendaftaran pelayanan    di    aplikasi   pendaftaran   (SIKDA    dan PCare)
  6. Petugas memberikan nomor  antrian poli pelayanan yang dituju dan mempersilakan pasien  menunggu  di ruang tunggu  poli pelayanan
  7. Petugas   mengambil    Rekam   Medis   sesuai   nomor rekam  medis dalam  Kartu  Kunjungan  Pasien
  8. Petugas  mengantarkan berkas  Rekam  Medis  ke poli pelayanan
4 Jangka Waktu Penyelesaian Pasien Baru  10 Menit Pasien  Lama  5  menit
5 Biaya Tarif Tidak dipungut biaya (gratis)
6 Prociuk  Pelayanan Pendaftaran  Rawat jalan
7 Sarana, Prasarana dan Utilitas Seperangkat    Komputer,    Printer,    Jaringan    Internet Berkas Rekam  Medis, Kertas  Kartu  Kunjungan
8 Kompetensi  Pelaksana
  1. Menguasai  pengoperasian computer
  2. Pendidikan  SLTA dan D3 Perekam  Medis
9 Pengawasan  Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10 Penanganan  Pengaduan Saran dan masukan
  1. Kotak Saran
  2. Telepon
  3. Email
  4. Pengaduan
Semua  pengaduan  yang  masuk  ditangani  oleh  petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan pimpinan dan petugas terkait
11 Jumlah pelaksana Tiga(3) orang
12 Jaminan  Pelayanan Pelayanan  dilaksanakan sesuai  Standar  Pelayanan  dan peraturan perundang undangan yang berlaku
13 Jaminan Keamanan dan keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan  bebas  KKN dan Pungli
  2. Menjaga     kerahasiaan    data    sesuai     perundang-Undangan
  3. Menerapkan 6(enam)  Sasaran  Keselamatan  Pasien
14 Evaluasi  Kinerja  Pelaksana Setiap  Hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN DI PUSKESMAS MANYAR

NOKOMPONENURAIAN
1Dasar Hukum
  1. Undang-Undang  Nomor  25 Tahun  2009  tentang pelayanan publik
  2. Undang-Undang  Nomor  36 Tahun  2009  tentang kesehatan
  3. Peraturan    Menteri    Pendayagunaan    Aparatur Negara    dan   Reformasi    Birokrasi    Nomor    15 Tahun   2014   tentang  Pedoman   Standar Pelayanan Publik (Serita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan  Menteri  Kesehatan  Nomor  43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan
2Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu  Peserta JKN  untuk peserta  BPJS Kesehatan
  2. Nomor Antrian poli
3Sistem Mekanisme dan Prosedur
  1. Petugas   memanggil   pasien   sesuai   nomor   urut antrian,  jika  dipanggil  tidak   ada  maka  dilewati satu  nomor pasien berikutnya
  2. Petugas   mempersilakan  pasien   masuk   ke  ruang pemeriksaan
  3. Petugas     menanyakan     kesesuaian     Nama    dan Alamat dengan  identitas di  Rekam  Med is
  4. Petugas menanyakan  keluhan
  5. Petugas melakukan  pemeriksaan tanda  vital
  6. Petugas    melakukan     pemeriksaan    fisik   sesuai keluhan  dan gejala
  7. Jika memerlukan  pemeriksaan penunjang, petugas membuat   surat  permintaan  pemeriksaan penunjang  dan menyerahkan kepada  pasien  untuk diserahkan ke bagian laboratorium
  8.  Jika    memerlukan   tindakan,    petugas   membuatsurat   pengantar   tindakan    dan    mengantarkan pasien ke ruang tindakan
  9. Jika    memerlukan    rujukan    antar   poli,    petugas membuat  surat rujukan  antar poli dan mempersilakan pasien menuju poli yang dituju. Petugas  mengantarkan Rekam  Medis ke poli yang dituju
  10. Setelah    pemeriksaan   atau    hasil    pemeriksaan penunjang  diterima,  Petugas membuat  resep  obat jika diperlukan
  11. Petugas memberikan konseling tentang penyakit, obat-obatan  yang   diberikan   serta   hal-hal  yang harus diperhatikan oleh pasien di  rumah
  12. Petugas mencatat hasil pemeriksan dan tindakan direkam medisPetugas menyerahkan resep obat
  13. Petugas  mempersilakan  pasien  keluar  ruang pemeriksaan dan mengucapkan  “Semoga Lekas Sembuh”
4Jangka Waktu PenyelesaianPasien tanpa  pemeriksaan penunjang  dan tindakan  15 menit
5Biaya Tarif
  1. Biaya   pemeriksaan   penunjang    dan   tindakan    sesuai dengan  Perda  No  2  Tahun  2018  tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya  untuk peserta  JKN  yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis  (tanpa  iur biaya)
6Produk  PelayananPemeriksaan  Rawat Jalan
7Sarana, Prasarana dan UtilitasRuang pemeriksaan, alat kesehatan,  Rekam  Medis,  obat•
8Kompetensi  Pelaksana
  1. Perawat
  2. Dokter
  3. Tenaga Administrasi
9Pengawasan  Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10Penanganan  Pengaduan Saran dan masukan
  1. Kotak Saran
  2. Telepon          : 3950604
  3. Email             : puskesmasmanyar1b2gmail.com
  4. Pengaduan     : pengaduan.gresikkab.go.id

                             http://lapor.go.id

Semua  pengaduan  yang  masuk  ditangani  oleh  petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan pimpinan dan petugas terkait

11Jumlah pelaksanatiga orang
12Jaminan  PelayananPelayanan  dilaksanakan sesuai  Standar  Pelayanan  dan peraturan perundang undangan yang berlaku
13Jaminan Keamanan dan keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan  bebas  KKN dan Pungli
  2. Menjaga     kerahasiaan    data    sesuai     perundang undangan
  3. Menerapkan 6(enam)  Sasaran  Keselamatan  Pasien
14Evaluasi  Kinerja  PelaksanaSetiap  Hari

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

TAHUN
NILAI IKM
KATEGORI MUTU KRITERIA KINERJA
2018 3,26 81,72 B BAIK
2019 3,26 81,72 B BAIK
2020 3,23 80,87 B BAIK

SERTIFIKAT DAN PENGHARGAAN