PUSKESMAS MENGANTI

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

: Puskesmas Menganti

: Jl. Raya Hulaan No. 03 Kec. Menganti Kab. Gresik

: 031 7910448

: puskesmasmenganti@yahoo.co.id

: dr. Rahaju Nugrahani

: UPAYA KESEHATAN PERORANGAN (UKP)

  a. Pelayanan Umum

  b. Pelayanan Gigi

  c. Pelayanan KIA-KB

  d. Pelayanan Usila

  e. Pelayanan MTBS/ MTBM

  f. Pelayanan DDTK

  g. Pelayanan IVA

  h. Pelayanan TB-Kusta

  i. Klinik Sanitasi

  j. Pelayanan Gizi

  k. Pelayanan Kefarmasian

  l. Laboratorium

  m. Ruang Tindakan

  n. Pelayanan Gawat Darurat

  UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT (UKM) ESENSIAL

  DAN PERKESMAS

  a. Promosi Kesehatan

  b. Kesehatan Lingkungan

  c. Kesehatan Ibu, Anak, dan Keluarga Berencana Gizi

  d. Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

      P2P Diare

      P2P ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut)

      P2P Kusta

      P2P TB Paru

      P2P HIV-AIDS

      P2P DBD (Demam Berdarah Dengue)

      P2P Hepatitis

      Imunisasi

      P2P Surveilans

      P2P PTM (Penyakit Tidak Menular)

  e. Perawatan Kesehatan Masyarakat

  UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT (UKM)

  PENGEMBANGAN

  a. Usaha Kesehatan Sekolah

  b. Kesehatan Jiwa

  c. Kesehatan Gigi dan Mulut Masyarakat

  d. Kesehatan Usila

  e. Kesehatan Kerja

  f. Kesehatan Olahraga

  g. Kesehatan Indera

  h. Kesehatan Tradisional

  i. Kesehatan Mata

VISI

“MEWUJUDKAN MASYARAKAT MENGANTI YANG SEHAT DAN MANDIRI DENGAN PELAYANAN KESEHATAN YANG BERMUTU”

MISI

  1. Meningkatkan pelayanan puskesmas yang bermutu, peduli, dan profesional dengan peningkatan kinerja dan sumber daya manusia.
  2. Mendorong peran serta masyarakat untuk hidup sehat secara mandiri.
  3. Meningkatkan kerjasama lintas program dan lintas sektor.
  4. Membangun citra pelayanan dengan memperlakukan pengguna layanan sebagai pusat perhatian.
  5. Akuntabel dalam pengelolaan dan manajemen puskesmas

MOTTO

“LAYANANKU IBADAHKU”

TATA NILAI

M E N G A N T I
  1. Melayani sepenuh hati

Memberikan pelayanan dengan segenap kesadaran diri untuk memberikan layanan prima

  1. Empati

Memiliki kepedulian dan kemampuan untuk memahami keluhan pengguna layanan

  1. Nyaman

Menciptakan suasana nyaman dalam setiap pelayanan

  1. Giat

Aktif dan giat melakukan pelayanan di dalam gedung dan di luar gedung

  1. Amanah

Dapat mengemban kepercayaan masyarakat

  1. Normatif

Memberikan pelayanan dengan sopan, santun, dan ramah

  1. Tangkas

Memberikan pelayanan dengan sigap dan cekatan sehingga pelayanan menjadi optimal

  1. Inovatif

Memiliki kemampuan, kreatifitas dalam memberikan terobosan bagi peningkatan mutu dan keselamatan pasien

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS MENGANTI

NoKomponenUraian
1Dasar Hukum
  1. Undang- undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang- undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun
  5. 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Tanda Penduduk atau dokumen lain yang memuat Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk peserta umum
  2. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  3. Kartu Kunjungan Pasien untuk pasien yang lama atau yang sudah pernah berkunjung ke Puskesmas Menganti
3Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

PASIEN BARU

  1. Pasien datang mengambil nomor antrian, kemudian dipersilahkan duduk menunggu panggilan nomor antrean,
  2. Petugas meminta kartu identitas pasien (KTP atau dokumen lain yang memuat NIK atau BPJS),
  3. Petugas menanyakan keluhan pasien,
  4. Petugas mendaftar identitas pasien melalui aplikasi SIKDA atau P-Care,
  5. Petugas mencetak kartu kunjungan sesuai nomor indek baru,
  6. Petugas menyerahkan karu kunjungan pasien dan mempersilahkan pasien menunggu di ruang tunggu unit pelayanan,
  7. Petugas menuliskan identitas dan nomor indek pasien ke dalam rekam medis dan memasukkan ke rak sesuai unit pelayanan yang dituju,
  8. Petugas mengantarkan rekam medis ke unit yang dituju.

PASIEN LAMA

  1. Pasien datang mengambil nomor antrian,
  2. Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrian,
  3. Petugas meminta kartu kunjungan pasien ataudokumen lain yang memuat NIK atau Nomor BPJS pasien,
  4. Petugas menanyakan keluhan pasien dan memasukkan data pasien melalui aplikasi SIKDA atau PCare,
  5. Petugas mengembalikan kartu kunjungan pasien dan mempersilahkan pasien menunggu di ruang tunggu ruang pelayanan,
  6. Petugas mencari rekam medis pasien di rak rekam medis,
  7. Petugas memasang nomor urut ke dalam rekam medis dan memasukkan ke rak sesuai unit pelayanan tujuan,
  8. Petugas mengantar rekam medis ke unit pelayanan.
4Jangka Waktu Penyelesaian

Pasien lama 3 menit

Pasien baru 10 menit

5Biaya tarifGratis
6Produk PelayananPendaftaran Rawat Jalan
7Sarana, Prasarana, dan Utilitas

Seperangkat komputer, printer, jaringan internet, mesin nomor antrean, ballpoint, form rekam medis, map snellen, kertas kartu kunjungan, dan mika kartu

kunjungan

8Kompetensi Pelaksana
  1. Menguasai cara mengoperasikan komputer
  2. Pendidikan SLTA dan D3 Perekam Medis
9Pengawasan Internal
  1. Kepala Puskesmas
  2. Tim Audit Internal
  3. Tim Manajemen Mutu
10

Penanganan Pengaduan, Saran,

dan Masukan

  1. Kotak saran
  2. Telepon        :081342271270
  3. Email           : puskesmasmenganti@yahoo.co.id
  4. Instagram    : @puskesmasmenganti
  5. Pengaduan   : pengaduan.gresikkab.go.id

                           https://www.lapor.go.id

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh Tim Survey Kepuasan Masyarakat dan Pelanggan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait.

11Jumlah Pelaksana3 (tiga) orang
12Jaminan PelayananPelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundang- undangan yang berlaku
13Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pasien

1.   Pelayanan bebas KKN dan pungli

2.   Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang- undangan

3.   Menerapkan 6 (enam) Sasaran Keselamatan Pasien

14Evaluasi Kinerja PelaksanaSetiap hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN DI PUSKESMAS MENGANTI

No Komponen Uraian
1 Dasar Hukum
  1. Undang- undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang- undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
2 Persyaratan Pelayanan Kartu Kunjungan Pasien
3 Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Petugas Pelayanan memanggil pasien sesuai dengan nomor urut pendaftaran,
  2. Petugas menanyakan kesesuaian nama dan alamat dengan identitas pada rekam medis,
  3. Petugas menanyakan keluhan pasien,
  4. Petugas melakukan pemeriksaan tanda vital,
  5. Petugas melakukan pemeriksaan fisik sesuai keluhan pasien,
  6. Petugas merujuk pasien ke unit pelayanan terkait sesuai dengan kebutuhan pasien jika memerlukan pemeriksaan penunjang,
  7. Petugas membuat resep obat jika diperlukan,
  8. Petugas memberikan konseling tentang penyakit dan obat yang diresepkan,
  9. Petugas    mencatat   hasil    pemeriksaan  dan tindakan ke dalam rekam medis pasien,
  10. Petugas    mencatat   hasil    pemeriksaan  dan tindakan ke dalam buku register unit pelayanan.
4 Jangka Waktu Penyelesaian Pasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 15 menit
5 Biaya tarif
  1. Biaya pemeriksaan penunjuang dan tindakan disesuaikan Perda Nomor 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum,
  2. Biaya peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai gratis.
6 Produk Pelayanan Pemeriksaan Rawat Jalan
7 Sarana, Prasarana, dan Utilitas
  1. Ruang pemeriksaan, alat kesehatan, rekam medis,
  2. form/ kertas rujukan, ballpoint, seperangkat komputer dan printer.
8 Kompetensi Pelaksana
  1. Dokter
  2. Perawat
  3. Bidan
  4. Menguasai cara mengoperasikan komputer
9 Pengawasan Internal
  1. Kepala Puskesmas
  2. Tim Audit Internal
  3. Tim Manajemen Mutu
10 Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Telepon        :081342271270
  3. Email           : puskesmasmenganti@yahoo.co.id
  4. Instagram    : @puskesmasmenganti
  5. Pengaduan   : pengaduan.gresikkab.go.id
https://www.lapor.go.id Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh Tim Survey Kepuasan Masyarakat dan Pelanggan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait.
11 Jumlah Pelaksana 3 (tiga) orang
12 Jaminan Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundang- undangan yang berlaku
13 Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pasien
  1. Pelayanan bebas KKN dan pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang- undangan
  3. Menerapkan 6 (enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14 Evaluasi Kinerja Pelaksana Setiap hari

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

Indikator
Tahun
201820192020
BNRT0,0670,0670,067
IKM Skala 43,183,523,52
IKM Skala 10079,4075144588,0739673488,07396734
Mutu PelayananBBB
KinerjaBaikBaikBaik

SERTIFIKAT DAN PENGHARGAAN