PUSKESMAS METATU

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

 

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

: PUSKESMAS METATU

: JL RAYA METATU NO.36 KECAMATAN BENJENG

  KAB.GRESIK

: (031) 7991220

: pkm.metatu@gmail.com

: drg. SETYO SUSILO

: a. UGD

  b. Poli umum

  c. Poli Gigi

  d. Laboratorium

  e. Ruang Obat / Farmasi

  f. Poli Gizi

  g. Poli TB kusta

  h. Poli KIA-KB

  i. Klinik Sanitasi

VISI

“TERWUJUDNYA MASYARAKAT WILAYAH PUSKESMAS METATU YANG MANDIRI UNTUK HIDUP SEHAT”

MISI

  1. Meningkatkan pelayanan kesehatan promotif, preventif, Kuratif, rehabilitatif yang bermutu, merata dan mudah Dijangkau.
  2. Mendorong kemandirian untuk hidup sehat bagi keluarga dan masyarakat.
  3. Memelihara dan meningkatkan kesehatan perorangan, Keluarga dan masyarakat beserta lingkungan.
  4. Menggalang kerjasama dengan lintas sektor untuk Mewujudkan budaya hidup sehat.

MOTTO

“KESEHATAN ANDA ADALAH HARAPAN KAMI”

TATA NILAI

M      : MELAYANI DENGAN SEPENUH HATI

E        : ETIKA DALAM BEKERJA

T        : TAAT PADA KOMITMEN

A       : AKURAT DALAM MEMBERIKAN PENGOBATAN

T        : TANGGUNG JAWAB PADA PEKERJAAN

U       : UTAMAKAN KEPUASAN PELANGGAN

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS METATU

NOKOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2.Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Kartu Tanda Penduduk atau dokumen lain yang memuat Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Kartu Kunjungan Pasien untuk pasien yang sudah pernah berkunjung (Pasien Lama)
3.Sistem, Mekanisme dan Prosedur

PASIEN BARU

  1. Pasien mengambil nomor antrian pendaftran dimesin antrian
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomor antrian pendaftaran dan menanyakan apakah sudah pernah berobat atau belum
  3. Jika pasien belum pernah berobat ke Puskesmas petugas membuatkan personal folder baru dengan cara membuatkan nomor indek baru, nama KK, umur dan alamat
  4. Bila pasien mempunyai BPJS, petugas menuliskan nomor peserta di dalam rekam medik
  5. Petugas meminta pasien menunjukkan kartu BPJS (bila pasien mempunyai kartu BPJS), kemudian memeriksa keanggotaan BPJS sesuai data pada Primary Care BPJS
  6. Petugas mencatat di buku register rawat jalan
  7. Petugas menanyakan keluhan pasien
  8. Petugas mengentry data pasien ke P-Care dan SIKDA
  9. Pasien dipersilahkan menunggu didepan ruang yang dituju
  10. Petugas menyerahkan rekam medik pada tempat tujuan pelayanan

PASIEN LAMA

  1. Pasien mengambil nomor antrian pendaftran dimesin antrian
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomor antrian pendaftaran dan menanyakan kartu berobat
  3. Petugas menanyakan poli yang dituju kepada pasien
  4. Petugas meminta Kartu Kunjungan Pasien dan Kartu Peserta JKN bagi peserta BPJS Kesehatan
  5. Petugas melakukan pencarian dan pendaftaran pelayanan di aplikasi pendaftaran (SIKDA dan PCare)
  6. Petugas mengambil Rekam Medis sesuai nomor rekam medis dalam Kartu berobat Pasien
  7. Pasien dipersilahkan menunggu didepan ruang yang dituju
  8. Petugas mengantarkan berkas Rekam Medis ke poli pelayanan
4.Jangka Waktu Penyelesaian

Pasien Baru 10 Menit

Pasien Lama 5 menit

5.Biaya TarifTidak dipungut biaya (gratis)
6.Produk PelayananPendaftaran Rawat Jalan
7.Sarana, Prasarana dan UtilitasSeperangkat Komputer, Printer, Jaringan Internet, Berkas Rekam Medis, Kertas Kartu Berobat
8.Kompetensi Pelaksana
  1. Menguasai pengoperasian komputer
  2. Pendidikan SLTA dan D3 Kebidanan
9.Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10.Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Telepon               :  085334107073
  3. Email                  :  pkm.metatu@gmail.com
  4. Pengaduan          : pengaduan.gresikkab.go.id

                                  https://www.lapor.go.id

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.Jumlah Pelaksana4 (Empat) orang
12.Jaminan PelayananPelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14.Evaluasi Kinerja PelaksanaSetiap Hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN DI PUSKESMAS METATU

NOKOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2.Persyaratan PelayananPasien sudah terdaftar di loket pendaftaran
3.Sistem, Mekanisme dan Prosedur
  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut antrian, jika dipanggil tidak ada maka dilewati satu nomor pasien berikutnya
  2. Petugas mempersilakan pasien masuk ke ruang pemeriksaan
  3. Petugas menanyakan kesesuaian Nama dan Alamat dengan identitas di Rekam Medis
  4. Petugas menanyakan keluhan
  5. Petugas melakukan pemeriksaan tanda vital
  6. Petugas melakukan pemeriksaan fisik sesuai keluhan dan gejala
  7. Jika memerlukan pemeriksaan penunjang, petugas membuat surat permintaan pemeriksaan penunjang dan menyerahkan kepada pasien untuk diserahkan ke bagian laboratorium
  8. Jika memerlukan tindakan, petugas membuat surat pengantar tindakan dan mengantarkan pasien ke ruang tindakan
  9. Jika memerlukan rujukan antar poli, petugas membuat surat rujukan antar poli dan mempersilakan pasien menuju poli yang dituju. Petugas mengantarkan Rekam Medis ke poli yang dituju
  10. Setelah pemeriksaan atau hasil pemeriksaan penunjang diterima, Petugas membuat resep obat jika diperlukan
  11. Petugas memberikan konseling tentang penyakit, obat-obatan yang diberikan serta hal-hal yang harus diperhatikan oleh pasien di rumah
  12. Petugas mencatat hasil pemeriksaan dan tindakan di Rekam Medis
  13. Petugas menyerahkan resep obat
  14. Petugas mempersilakan pasien keluar ruang pemeriksaan dan mengucapkan “Semoga Lekas Sembuh”
4.Jangka Waktu PenyelesaianPasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 15 menit
5.Biaya Tarif
  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa iur biaya)
6.Produk PelayananPemeriksaan Rawat Jalan
7.Sarana, Prasarana dan UtilitasRuang pemeriksaan, alat kesehatan, Rekam Medis, obat-obatan
8.Kompetensi Pelaksana
  1. Perawat
  2. Dokter
9.Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10.Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Call Center         : 085334107073
  3. Email                  : pkm.metatu@gmail.com
  4. Pengaduan          : pengaduan.gresikkab.go.id

                                  https://www.lapor.go.id

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.Jumlah Pelaksana3 (Tiga) orang
12.Jaminan PelayananPelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14.Evaluasi Kinerja PelaksanaSetiap Hari

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

TAHUN
NILAI IKM
KATEGORI KRITERIA KINERJA
2018 3,71 92,8 A SANGAT BAIK
2019 3,71 92,7 A SANGAT BAIK
2020 3,72 93,1 A SANGAT BAIK

SERTIFIKAT DAN PENGHARGAAN