PUSKESMAS PANCENG

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

: PUSKESMAS PANCENG

: Jl. Raya Panceng No.58 Panceng

: 031-3940118

: uptpkmpanceng@gmail.com

: dr. Mujtahidah

: a. Pelayanan pemeriksaan umum,

  b. Pelayanan gigi & mulut,

  c. Pelayanan Kesehatan Ibu,

  d. Pelayanan KB,

  e. Pelayanan MTBS,

  f. PelayananGawat Darurat,

  g. Pelayanan penyakit TBC,

  h. Pelayanan penyakit kusta,

  i. Pelayanan IVA,

  j. Pelayanan Catin,

  k. Pelayanan klinik sanitasi,

  l. Pelayanan konsultasi Gizi.

VISI

“TERWUJUDNYA BUDAYA HIDUP SEHAT MENUJU MASYARAKAT PANCENG MANDIRI

MISI

  1. MENDORONG KEMANDIRIAN MASYARAKAT UNTUK HIDUP SEHAT
  2. MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN, PROMOTIF, PREVENTIF, KURATIF DAN REHABILITATIF YANG BERMUTU MERATA DAN TERJANGKAU
  3. MEMBANGUN KERJASAMA DENGAN LINTAS SEKTOR UNTUK MEWUJUDKAN BUDAYA HIDUP SEHAT

MOTTO

“LAYANANKU IBADAHKU”

TATA NILAI

S E N Y U M Santun dalam bertutur Empati dalam masalah pasien Niat yang tulus dalam menolong pasien Yakin akan kemapuan diri Unggul dalam pelayanan Mudah diakses

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS PANCENG

NOKOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang PelayananP ublik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2.Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Kartu Tanda Penduduk atau dokumen lain yang memuat Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Kartu Kunjungan Pasien untuk pasien yang sudah  pernah berkunjung (Pasien Lama)
3.Sistem, Mekanisme dan Prosedur

PASIEN BARU

  1. Pasien mengambil nomor antrian loket
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomor antrian loket, jika dipanggil 3 kali tidak ada maka akan dilewati 2 nomor antrian berikutnya
  3. Petugas menanyakan poli yang dituju kepada pasien
  4. Petugas meminta kartu identitas (KTP atau dokumen lain) dan Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  5. Petugas memasukkan identitas pasien kedalam aplikasi pendaftaran (SIKDA dan PCare)
  6. Petugas memberikan nomor antrian poli pelayanan sesuai poli yang dituju dan mempersilakan pasien menunggu di ruang tunggu poli pelayanan
  7. Petugas membuat Rekam Medis dan mencetak Kartu Kunjungan Pasien
  8. Petugas mengantarkan berkas Rekam Medis kepoli pelayanan

PASIEN LAMA

  1. Pasien mengambil nomor antrian loket
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomor antrian loket, jika dipanggil 3 kali tidak ada maka akan dilewati 2 nomor antrian berikutnya
  3. Petugas menanyakan poli yang dituju kepada pasien
  4. Petugas meminta Kartu Kunjungan Pasien dan Kartu Peserta JKN bagi peserta BPJS Kesehatan
  5. Petugas melakukan pencarian dan pendaftaran pelayanan di aplikasi pendaftaran (SIKDA dan PCare)
  6. Petugas memberikan nomor antrian poli pelayanan yang dituju dan mempersilakan pasien menunggu di ruang tunggu poli pelayanan
  7. Petugas mengambil Rekam Medis sesuai nomor rekam medis dalam Kartu Kunjungan Pasien
  8. Petugas mengantarkan berkas Rekam Medis kepoli pelayanan
4.Jangka Waktu Penyelesaian

Pasien Baru 10 Menit

Pasien Lama 5 menit

5.Biaya TarifTidak dipungut biaya (gratis)
6.Produk PelayananPendaftaran Rawat Jalan
7.Sarana, Prasarana dan UtilitasSeperangkat Komputer, Printer, Jaringan Internet, Berkas Rekam Medis, Kertas Kartu Kunjungan

8.

Kompetensi Pelaksana

  1. Menguasai pengoperasian komputer
  2. Pendidikan SLTA dan D3 Perekam Medis
9.Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10.Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Telepon              :  O8563023122
  3. Email                 :  uptpkmpanceng@gmail.com
  4. Pengaduan         :  pengaduan.gresikkab.go.id

                                  https://www.lapor.go.id

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.Jumlah Pelaksana3 (Tiga) orang
12.Jaminan PelayananPelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14.Evaluasi Kinerja PelaksanaSetiap Hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN DI PUSKESMAS PANCENG

NO KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentangPelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2. Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Nomor antrian poli
3. Sistem, Mekanisme dan Prosedur
  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut antrian, jika dipanggil tidak ada maka dilewati satu nomor pasien berikutnya
  2. Petugas mempersilakan pasien masuk keruang pemeriksaan
  3. Petugas menanyakan kesesuaian Nama dan Alamat dengan identitas di Rekam Medis
  4. Petugas menanyakan keluhan
  5. Petugas melakukan pemeriksaan tanda vital
  6. Petugas melakukan pemeriksaan fisik sesuai keluhan dan gejala
  7. Jika memerlukan pemeriksaan penunjang, petugas membuat surat permintaan pemeriksaan penunjang dan menyerahkan kepada pasien untuk diserahkan kebagian laboratorium
  8. Jika memerlukan tindakan, petugas membuat surat pengantar tindakan dan mengantarkan pasien keruang tindakan
  9. Jika memerlukan rujukan antar poli, petugasmembuatsuratrujukanantarpolidanmempersilakanpasienmenujupoli yang dituju.
  10. Setelahpemeriksaanatauhasilpemeriksaanpenunjangditerima, Petugasmembuatresepobatjikadiperlukan
  11. Petugasmemberikankonselingtentangpenyakit, obat-obatan yang diberikansertahal-hal yang harusdiperhatikanolehpasien di rumah
  12. Petugasmencatathasilpemeriksaandantindakan di RekamMedis
  13. Petugasmenyerahkanresepobat
  14. Petugasmempersilakanpasienkeluarruangpemeriksaandanmengucapkan “SemogaLekasSembuh”
4. Jangka Waktu Penyelesaian Pasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 15 menit
5. Biaya Tarif Biaya pemeriksaan  penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa biaya)
6. Produk Pelayanan Pemeriksaan Rawat Jalan
7. Sarana, Prasarana dan Utilitas Ruang pemeriksaan, alat kesehatan, Rekam Medis, obat-obatan
8. Kompetensi Pelaksana
  1. Perawat
  2. Dokter
  3. Tenaga administrasi
9. Pengawasan Internal
  1.  Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10. Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Call Center         :  O8563023122
  3. Email                 :  uptpanceng@gmail.com
  4. Pengaduan         : pengaduan.gresikkab.go.id
https://www.lapor.go.id Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait
11. Jumlah Pelaksana 3 (Tiga) orang
12. Jaminan Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14. Evaluasi Kinerja Pelaksana Setiap Hari

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

Tahun
Nilai IKM
Kategori Mutu Kriteria Kinerja
2018 3,79 94,81 A SANGAT BAIK
2019 3,71 92,64 A SANGAT BAIK
2020 3,74 93,51 A SANGAT BAIK

SERTIFIKAT DAN PENGHARGAAN