PUSKESMAS SANGKAPURA

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

: Puskesmas Sangkapura

: Jl. Raya Rujing No.11 Sungaiteluk

: (0325)421118

: pkmsangkapura.2016@gmail.com

: dr. FAIZAH KOMALA

: POLI UMUM & KESEHATAN REMAJA, POLI GIGI & MULUT,

  POLI ANAK & MTBS,DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG,

  POLI IMUNISASI, POLI KIA/KB, POLI IVA,

  LABORATORIUM, P2P (TB & KUSTA ), GIZI, KESEHATAN

  JIWA APOTEK, UGD 24JAM

VISI

“TERWUJUD PELAYANAN YANG PRIMA

MISI

  1. Mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup sehat;
  2. Meningkatkan kesehatan lingkungan;
  3. Memelihara dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau; dan
  4. Meningkatkan manajemen kesehatan.

MOTTO

“KESEHATAN ANDA DAMBAAN KAMI “

TATA NILAI

CAKAP C   : Cepat mengambil tindakan; A   : Akurat dalam memberikan pelayanan K   : Komunikatif dalam memberikan informasi A   : Aman dalam bertindak berdasarkan prinsip keselamatan kerja dan menciptakan rasa aman bagi pasien dan petugas; dan P    : Pelayanan kesehatan secara prima dengan senyum, salam, sapa, sopan dan santun

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS SANGKAPURA

NOKOMPONENURAIAN
1Dasar Hukum
  1. Undang-Undang  Nomor  25 Tahun  2009  tentang pelayanan public
  2. Undang-Undang  Nomor  36 Tahun  2009  tentang kesehatan
  3. Peraturan    Menteri    Pendayagunaan    Aparatur Negara    dan   Reformasi    Birokrasi    Nomor    15 Tahun   2014   tentang  Pedoman   Standar Pelayanan Publik (Serita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan  Menteri  Kesehatan  Nomor  43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan
2Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu  Peserta JKN  untuk peserta  BPJS Kesehatan
  2. Kartu   Tanda   Penduduk   atau  dokumen   lain   yang  memuat  Nomor  lnduk Kependudukan  (NIK)
  3. Kartu   Kunjungan   Pasien   untuk  pasien  yang  sudah pernah berkunjung (Pasien Lama)
3Sistem Mekanisme dan Prosedur

PASIEN BARU

  1. Pasien  mengambil  nomor antrian  loket
  2. Petugas   memanggil  sesuai   urutan   nomor   antrian loket,  jika  dipanggil   3  kali   tidak   ada   maka   akan dilewati  2  nomor antrian berikutnya
  3. Petugas menanyakan poli yang dituju  kepada  pasien
  4. Petugas meminta kartu identitas (KTP atau dokumen lain) dan Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  5. Petugas   memasukkan    identitas   pasien   ke  dalam aplikasi pendaftaran  (SIKDA dan PCare)
  6. Petugas  memberikan  nomor  antrian  poli  pelayanan
  7. sesuai  poli  yang  dituju  dan  mempersilakan  pasien menunggu  di ruang tunggu poli  pelayanan
  8. Petugas  membuat  Rekam  Medis  dan mencetak Kartu
  9. Kunjungan  Pasien
  10. Petugas mengantarkan berkas Rekam  Medis ke poli pelayanan\

PASIEN LAMA

  1. Pasien  mengambil  nomor antrian  loket
  2. Petugas  memanggil  sesuai  urutan  nomor   antrian loket,  jika  dipanggil   3   kali  tidak  ada  maka  akan dilewati  2  nomor antrian berikutnya
  3. Petugas menanyakan poli yang dituju  kepada  pasien
  4. Petugas    meminta   Kartu    Kunjungan    Pasien   dan Kartu  Peserta JKN bagi  peserta  BPJS Kesehatan
  5. Petugas melakukan  pencarian dan pendaftaran pelayanan    di    aplikasi   pendaftaran   (SIKDA    dan PCare)
  6. Petugas memberikan nomor  antrian poli pelayanan yang dituju dan mempersilakan pasien  menunggu  di ruang tunggu  poli pelayanan
  7. Petugas   mengambil    Rekam   Medis   sesuai   nomor rekam  medis dalam  Kartu  Kunjungan  Pasien
  8. Petugas  mengantarkan berkas  Rekam  Medis  ke poli pelayanan
4Jangka Waktu Penyelesaian

Pasien Baru  10 Menit

Pasien  Lama  5  menit

5Biaya TarifTidak dipungut biaya (gratis)
6Prociuk  PelayananPendaftaran  Rawat jalan
7Sarana, Prasarana dan UtilitasSeperangkat    Komputer,    Printer,    Jaringan    Internet Berkas Rekam  Medis, Kertas  Kartu  Kunjungan
8Kompetensi  Pelaksana
  1. Menguasai  pengoperasian computer
  2. Pendidikan  SLTA
9Pengawasan  Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10Penanganan  Pengaduan Saran dan masukan
  1. Kotak Saran
  2. Telepon
  3. Email

Semua  pengaduan  yang  masuk  ditangani  oleh  petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan pimpinan dan petugas terkait

11Jumlah pelaksanaTiga(3) orang
12Jaminan  PelayananPelayanan  dilaksanakan sesuai  Standar  Pelayanan  dan peraturan perundang undangan yang berlaku
13Jaminan Keamanan dan keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan  bebas  KKN dan Pungli
  2. Menjaga     kerahasiaan    data    sesuai     perundang-Undangan
  3. Menerapkan 6(enam)  Sasaran  Keselamatan  Pasien
14Evaluasi  Kinerja  PelaksanaSetiap  Hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN DI PUSKESMAS SANGKAPURA

NO KOMPONEN URAIAN
1 Dasar Hukum
  1. Undang-Undang  Nomor  25 Tahun  2009  tentang pelayanan public
  2. Undang-Undang  Nomor  36 Tahun  2009  tentang kesehatan
  3. Peraturan    Menteri    Pendayagunaan    Aparatur Negara    dan   Reformasi    Birokrasi    Nomor    15 Tahun   2014   tentang  Pedoman   Standar Pelayanan Publik (Serita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan  Menteri  Kesehatan  Nomor  43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan
2 Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu  Peserta JKN  untuk peserta  BPJS Kesehatan
  2. Nomor Antrian poli
3 Sistem Mekanisme dan Prosedur
  1. Petugas   memanggil   pasien   sesuai   nomor   urut antrian,  jika  dipanggil  tidak   ada  maka  dilewati satu  nomor pasien berikutnya
  2. Petugas   mempersilakan  pasien   masuk   ke  ruang
  3. pemeriksaan
  4. Petugas     menanyakan     kesesuaian     Nama    dan
  5. Alamat dengan  identitas di  Rekam  Med is
  6. Petugas menanyakan  keluhan
  7. Petugas melakukan  pemeriksaan tanda  vital
  8. Petugas    melakukan     pemeriksaan    fisik   sesuai keluhan  dan gejala
  9. Jika memerlukan  pemeriksaan penunjang, petugas membuat   surat  permintaan  pemeriksaan penunjang  dan menyerahkan kepada  pasien  untuk diserahkan ke bagian laboratorium
  10. Jika    memerlukan   tindakan,    petugas   membuat
  11. surat   pengantar   tindakan    dan    mengantarkan pasien ke ruang tindakan
  12. Jika    memerlukan    rujukan    antar   poli,    petugas
  13. membuat  surat rujukan  antar poli dan mempersilakan pasien menuju poli yang dituju. Petugas  mengantarkan Rekam  Medis ke poli yang dituju
  14. Setelah    pemeriksaan   atau    hasil    pemeriksaan
  15. penunjang  diterima,  Petugas membuat  resep  obat jika diperlukan
  16. Petugas memberikan konseling tentang penyakit, obat-obatan  yang   diberikan   serta   hal-hal  yang harus diperhatikan oleh pasien di  rumah
  17. Petugas mencatat hasil pemeriksan dan tindakan direkam medis
  18. Petugas menyerahkan resep obat
  19. Petugas  mempersilakan  pasien  keluar  ruang pemeriksaan dan mengucapkan  “Semoga Lekas Sembuh”
4 Jangka Waktu Penyelesaian Pasien tanpa  pemeriksaan penunjang  dan tindakan  15 menit
5 Biaya Tarif
  1. Biaya   pemeriksaan   penunjang    dan   tindakan    sesuai dengan  Perda  No  2  Tahun  2018  tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya  untuk peserta  JKN  yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis  (tanpa  iur biaya)
6 Produk  Pelayanan Pemeriksaan  Rawat Jalan
7 Sarana, Prasarana dan Utilitas Ruang pemeriksaan, alat kesehatan,  Rekam  Medis,  obat•
8 Kompetensi  Pelaksana
  1. Perawat
  2. Dokter
9 Pengawasan  Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10 Penanganan  Pengaduan Saran dan masukan
  1. Kotak Saran   :
  2. Telepon          :  (0325)421118
  3. Email             : pkmsangkapura.2016@gmail.com
Semua  pengaduan  yang  masuk  ditangani  oleh  petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan pimpinan dan petugas terkait
11 Jumlah pelaksana tiga orang
12 Jaminan  Pelayanan Pelayanan  dilaksanakan sesuai  Standar  Pelayanan  dan peraturan perundang undangan yang berlaku
13 Jaminan Keamanan dan keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan  bebas  KKN dan Pungli
  2. Menjaga     kerahasiaan    data    sesuai     perundang undangan
  3. Menerapkan 6(enam)  Sasaran  Keselamatan  Pasien
14 Evaluasi  Kinerja  Pelaksana Setiap  Hari

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

NO VARIABEL TINGKAT KEPUASAN TINGKAT HARAPAN GAP Indek Kepuasan
1 Persyaratan Pelayanan 3,03 3,48 -0,45 87,2%
2 Prosedur Pelayanan 3,09 3,49 -0,41 88,4%
3 Waktu Pelayanan 3,03 3,57 -0,54 84,9%
4 Biaya 3,15 3,50 -0,35 89,9%
5 Produk Spesifikasi Jenis Layanan 2,97 3,47 -0,51 85,4%
6 Kompetensi Pelaksana 3,07 3,51 -0,43 87,6%
7 Perilaku Pelaksana 2,97 3,49 -0,52 85,2%
8 Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan 3,06 3,52 -0,47 86,8%
9 Sarana dan Prasarana 3,05 3,49 -0,44 87,5%