PUSKESMAS SEMBAYAT

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

: Puskesmas Sembayat

: Jln. Pendopo No 1 Sembayat – Manyar – Gresik

: 031 3949800

: pkmsembayat@gmail.com

: dr. Ovaldo Kurniawan

: PELAYANAN RAWAT JALAN

  a. Loket Pendaftaran

  b. Poli Lansia (Lanjut Usia)

  c. Poli Umum

  d. Poli MTBS (Manajemen Terpadu Balita Sakit) /Anak

  e. Poli Gigi

  f. Poli P2

  g. Klinik Sanitasi

  h. Poli KIA/KB (Kesehatan Ibu dan Anak/Keluarga Berencana)

  i. Imunisasi Bayi dan Balita

  j. Poli DDTK

  k. Pelayanan Gizi

  l. Pelayanan Obat

  PELAYANAN 24 JAM

  a. Unit Gawat Darurat

  b. Ambulans

  PELAYANAN PENUNJANG

  a. Laboratorium

  b. Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)/ KB

  c. Promosi Kesehatan (Promkes)

  d. Pencegahan Penyakit (P2)

  e. Pelayanan Gizi Masyarakat

  f. Kesehatan Lingkungan (Kesling)

  g. Keluarga Berencana (KB)

  h. Imunisasi

  i. Pengamatan Penyakit / Surveilans

  j. Kesehatan Gigi Masyarakat

  k. Kesehatan Jiwa Masyarakat

  l. Kesehatan Indra

  m. Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK)

  n. P2 Diare/ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut)

  o. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

  p. Kesehatan Lanjut Usia (Lansia)

  q. Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas/ PHN)

  r. P2 HIV

  s. Kesehatan Olahraga

  t. P2 IVA

  u. P2 DBD

  v. Posbindu / PTM

  w. Hepatitis

  x. Kesehatan Matra

  y. Kesehatan Tradisional (BATRA)

VISI

“TERCAPAINYA PUSKESMAS SEMBAYAT SEHAT MENUJU TERWUJUDNYA KECAMATAN MANYAR SEHAT

MISI

  1. Menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Sembayat
  2. Mendorong kemandirian hidup sehat bagi keluarga dan masyarakat di wilayah kerja puskesmas sembayat
  3. Memelihara dan meningkatkan mutu pemerataan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan
  4. Memelihara dan meningkatkan kesehatan perorangan, keluraga dan masyarakat beserta lingkungannya
  5. Meningkatkan Mutu Pelayanan dengan cara mengoptimalkan kinerja, proses dan sumberdaya diwilayah kerja Puskesmas Sembayat

MOTTO

“Puskesmas Sembayat adalah Melayani dengan CERIA (Cekatan, Efisien, Ramah, Inovatif dan Amanah)”

TATA NILAI

RAPI
Ramah Memiliki sikap yang sopan dan santun kepada seluruh masyarakat dan rekan kerja;
Akuntable Memberikan pelayanan kesehatan sesuai pedoman dan standar pelayanan yang ditetapkan, dapat diukur dan di pertanggung jawabkan;
Professional Memiliki kompetensi dan kemampuan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik;
Inovatif Memiliki ide-ide kreatif serta member terobosan bagi peningkatan pelayanan kesehatan;

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS SEMBAYAT

NO KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum
  1. Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2. Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Kartu Tanda Penduduk atau dokumen lain yang memuat Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Kartu Kunjungan Pasien untuk pasien yang sudah pernah berkunjung ( pasien lama )
3. Sisten, Mekanisme dan Prosedur PASIEN BARU
  1. Pasien mengambil nomor antrian loket
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomor antrian loket, jika dipanggil 3 kali tidak ada maka akan dilewati 2 nomor antrian berikutnya.
  3. Petugas menanyakan poli yang ditujuh kepada pasien Petugas meminta kartu identitas (KTP atau dokumen lain) dan Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  4. Petugas memasukkan identitas pasien ke dalam aplikasi pendaftaran (SIKDA dan Pcare)
  5. Petugas memberikan nomor antrian poli pelayanan sesuai poli yang dituju dan mempersilahkan pasien menunggu di ruang tunggu poli pelayanan
  6. Petugas membuat Rekam Medis dan mencetak Kartu Kunjungan Pasien
  7. Petugas mengantarkan berkas Rekam Medis ke Poli Pelayanan
PASIEN LAMA
  1. Pasien mengambil nomor antrian loket
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomor antrian loket, jika dipanggil 3 kali tidak ada maka dilewati 2 nomor antrian berikutnya
  3. Petugas menanyakan poli yang ditujuh kepada pasien
  4. Petugas meminta Kartu Kunjungan
  5. Pasien dan Kartu Peserta JKN bagi peserta BPJS Kesehatan
  6. Petugas melakukan pencarian dan pendaftaran pelayanan di aplikasi pendaftaran (SIKDA dan Pcare)
  7. Petugas memberikan nomor antrian poli pelayanan sesuai poli yang dituju dan mempersilahkan pasien menunggu di ruang tunggu poli pelayanan
  8. Petugas mengambil Rekam Medis sesuai nomor rekam medis dalam Kartu Kunjungan Pasien
  9. Petugas mengantarkan berkas Rekam Medis ke Poli Pelayanan
4. Jangka Waktu Penyelesaian Pasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 15 menit
5. Biaya Tarif
  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No.2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa iur biaya)
6. Produk Pelayanan Pemeriksaan Rawat Jalan
7. Sarana, Prasarana dan Utilitas Ruang pemeriksaan, alat kesehatan, Rekam Medis, Obat-obatan
8. Kompetensi Pelaksana
  1. Perawat
  2. Dokter
  3. Bidan
9. Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10. Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Telepon            : 031 3949800
  3. Email               : pkmsembayat@gmail.com
  4. Pengaduan       : Kotak saran
Semua keluhan yang masuk ke kotak saran ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait
11. Jumlah pelaksana 5 (lima) orang
12. Jumlah Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan Peraturan perundangan yang berlaku
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6 (enam) Sasaran Keselamat Pasien
14 Evaluasi Kinerja Pelaksana Setiap hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN DI PUSKESMAS SEMBAYAT

NO KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum
  1. Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2. Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Nomor Antrian poli
3. Sisten, Mekanisme dan Prosedur
  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut antrian, jika dipanggil tidak ada maka dilewati satu nomor pasien berikutnya
  2. Petugas mempersilahkan pasien masuk ke ruang pemeriksaan
  3. Petugas menanyakan kesesuaian Nama dan Alamat dengan identitas di Rekam Medis
  4. Petugas menanyakan keluhan
  5. Petugas melakukan pemeriksaan tanda vital
  6. Petugas melakukan pemeriksaan fisik sesuai keluhan dan gejala
  7. Jika memerlukan pemeriksaan penunjang, p[etugas membuat surat permintaan pemeriksaan penunjang dan menyerahkan kepada pasien untuk diserahkan ke bagian laboratorium
  8. Jika memerlukan tindakan, petugas membuat surat pengantar tindakan dan mengantarkan pasien ke ruang tindakan
  9. Jika memerlukan rujukan antar poli, membuat surat pengantar rujukan antar poli dan mempersilahkan pasien menuju poli yang dituju.                                                     Petugas mengantar Rekam Medis ke Poli yang dituju
  10. Setelah pemeriksaan atau hasil pemeriksaan penunjang diterima, Petugas membuat resep obat jika diperlukan
  11. Petugas memberikan konseling tentang penyakit, obat-obatan yang diberikan serta hal-hal yang harus diperhatikan oleh pasien di rumah
  12. Petugas mencatat hasil pemeriksaan dan tindakan di Rekam Medis
  13. Petugas menyerahkan resep obat
  14. Petugas mempersillahkan pasien keluar ruang pemeriksaan dan mengucapkan ” Semoga Lekas Sembuh”
4. Jangka Waktu Penyelesaian Pasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 15 menit
5. Biaya Tarif
  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No.2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa iur biaya)
6. Produk Pelayanan Pemeriksaan Rawat Jalan
7. Sarana, Prasarana dan Utilitas Ruang pemeriksaan, alat kesehatan, Rekam Medis, Obat-obatan
8. Kompetensi Pelaksana
  1. Perawat
  2. Dokter
  3. Bidan
9. Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10. Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Telepon            : 031 3949800
  3. Email               : pkmsembayat@gmail.com
  4. Pengaduan       : Kotak saran
Semua keluhan yang masuk ke kotak saran ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait
11. Jumlah pelaksana 5 (lima) orang
12. Jumlah Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan Peraturan perundangan yang berlaku
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6 (enam) Sasaran Keselamat Pasien
14 Evaluasi Kinerja Pelaksana Setiap hari

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

Tahun
Nilai IKM
Kategori Mutu Kriteria Kinerja
2018 3,24 81,00 B  BAIK
2019 3,92 92,200 A SANGAT BAIK
2020 3,29 82,29 B  BAIK

SERTIFIKAT DAN PENGHARGAAN