PUSKESMAS SIDAYU

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

: UPT PUSKESMAS SIDAYU

: Jl. Raya Sidayu – Kec. Sidayu – Kab. Gresik

: 031 – 3949100

: puskesmas.sidayu.gresik@gmail.com

: dr. RIZA’ULFALAH

: a. Ruang Pelayanan Lansia

  b. Ruang Pelayanan Pemeriksaan Umum

  c. Ruang Pelayanan MTBS dan DDTK

  d. Ruang Pelayanan Gigi dan Mulut

  e. Ruang Pelayanan Penyakit Menular

  f. Ruang Pelayanan Kesehatan KIA – KB

  g. Ruang Pelayanan Imunisasi

  h. Ruang Pelayanan Farmasi

  i. Ruang Pelayanan Pendaftaran

  j. Ruang Pelayanan Laboratorium

  k. UGD dan Pelayanan Rawat Inap

  l. Ruang Pelayanan Radiologi

VISI

“MEWUJUDKAN PELAYANAN KESEHATAN YANG BERMUTU MENUJU MASYARAKAT SIDAYU  SEHAT MANDIRI

MISI

  1. Meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkompetensi professional terjangkau oleh masyarakat secara efektif dan efisien.
  2. Mewujudkan derajat kesehatan dengan kemandirian masyarakat dalam berperilaku sehat
  3. Meningkatkan hubungan kerja internal dan eksternal yang harmonis.

MOTTO

“PUSKESMAS MITRA SEHAT KELUARGA ANDA”

TATA NILAI

Senyum Salam Sapa

  • Memberikan pelayanan dengan sopan santun dan ramah dengan kesadaran diri untuk memberikan layanan yang prima serta suasana nyaman dalam setiap pelayanan.

Inovasi

  • Memiliki kemampuan, kreativitas dan menciptakan terobosan baru untuk peningkatan mutu layanan dan keselamatan.

Profesional

  • Memberikan pelayanan dengan sigap dan cekatan sehingga pelayanan menjadi optimal serta dapat mengemban kepercayaan masyarakat.

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS SIDAYU

NOKOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2.Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Kartu Tanda Penduduk atau dokumen lain yang memuat Nomor Induk  Kependudukan (NIK)
  3. Kartu Kunjungan Pasien untuk pasien yang sudah pernah berkunjung (Pasien Lama)
3.Sistem, Mekanisme dan Prosedur
  1. Pasiendatang
  2. Petugas menginstruksikan kepada pasien yang datang untuk memencet tombol antrian sesuai ruang pelayanan yang di tuju
  3. Petugas menginstruksikanPasien mengambil nomor antrian yang keluar dari mesin antrian
  4. Petugas menginstruksikan Pasien menunggu hingga mendapat panggilan sesuai nomor antrian menuju ruang pelayanan pendaftaran.
  5. AntrianPrioritas :
  6. Lansia
  7. IbuHamil
  8. Difable (pasien dengan berkebutuhan khusus)
  9. Petugas menginstruksikan Pasien menyerahkan kertas nomo rantrian kepada petugas pelayanan pendaftaran (1 lembar diberikan kepada petugas, 1 lembar dibawa oleh pasien)
  10. Pasienmelakukan proses pendaftaran, menyerahkanidentitas :
  11. PasienBaru : KTP, KK, danKartu BPJS (MANDIRI/ ASKES/ KIS/ JAMKESMAS) jika pasien punya
  12. Pasien lama : Kartuberobat
  13. Petugas menginstruksikan pasien untuk menunggu di panggil diruang pelayanan yang di tuju
4.Jangka Waktu Penyelesaian

Pasien  Baru 10 Menit

Pasien  Lama 5 menit

5.Biaya TarifTidak dipungut biaya (gratis)
6.Produk PelayananPendaftaran Rawat Jalan
7.Sarana, Prasarana dan UtilitasSeperangkat Komputer, Printer, Jaringan Internet, Mesin Antrian Berkas Rekam Medis, Kertas Kartu Kunjungan
8.Kompetensi Pelaksana
  1. Menguasai pengoperasian komputer
  2. Pendidikan Bidan, tenaga administrasi
9.Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10.Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Telepon           : 082333550009
  3. Email              : puskesmas.sidayu.gresik@gmail.com
  4. Pengaduan      : pengaduan.gresikkab.go.id

                              https://www.lapor.go.id

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.Jumlah Pelaksana3 (Tiga) orang
12.Jaminan PelayananPelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14.Evaluasi Kinerja Pelaksana
  1. Evaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekali
  2. Evaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN DI PUSKESMAS SIDAYU

NOKOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukum
  1. Undang-UndangNomor25Tahun 2009tentangPelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2.Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Nomor antrian poli
3.Sistem, Mekanisme dan Prosedur
  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut antrian, jika dipanggil tidak ada maka di lewati satu nomor pasien berikutnya
  2. Petugas mempersilakan pasien masuk ke ruang pemeriksaan
  3. Petugas melakukan identifikasi pasien, kesesuaian Nama dan Alamat dengan identitas di Rekam Medis
  4. Petugas menanyakan keluhan utama
  5. Petugas melakukan pemeriksaan tanda tanda vital
  6. Petugas melakukan pemeriksaan fisik sesuai keluhan dan gejala
  7. Jika memerlukan pemeriksaan penunjang, petugas membuat surat permintaan pemeriksaan penunjang dan menyerahkan kepada pasien untuk di serahkan kebagian laboratorium/ radiologi
  8. Setelah pemeriksaan atau hasil pemeriksaan penunjang diterima, Petugas menentukan diagnose
  9. Petugas memberikan konseling tentang penyakit, terapi yang diberikan serta hal-hal yang harus diperhatikan oleh pasien di rumah
  10. Petugas mencatat hasil pemeriksaan dan tindakan di Rekam Medis
  11. Petugas menyerahkan resep obat
  12. Jika memerlukan tindakan dan/ rujukan antar ruang pelayanan, petugas membuat rujukan internal dan mengantar pasien menuju ruang yang dituju dengan membawa Rekam Medis pasien tersebut.
4.Jangka Waktu PenyelesaianPasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 15 menit
5.Biaya Tarif
  1. Biaya pemeriksaan penunjang dantindakan sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpaiurbiaya)
6.Produk PelayananPemeriksaan Rawat Jalan
7.Sarana, Prasarana dan UtilitasRuang pemeriksaan, alat kesehatan, Rekam Medis, komputer
8.Kompetensi Pelaksana
  1. Dokter
  2. Perawat
  3. Bidan
9.Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10.Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Call Center      :  082333550009
  3. Email               : puskesmas.sidayu.gresik@gmail.com
  4. Pengaduan      : pengaduan.gresikkab.go.id

                              https://www.lapor.go.id

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.Jumlah Pelaksana5 (Lima) orang
12.Jaminan PelayananPelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) SasaranKeselamatanPasien
14.Evaluasi Kinerja Pelaksana
  1. Evaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekali
  2. Evaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

Tahun
Nilai SKM
Katagori MutuKriteria Kinerja
20182,9580,20BBaik
20193,4383,08ASangat baik
20203,4587,21ASangat Baik

SERTIFIKAT DAN PENGHARGAAN