PUSKESMAS WRINGIN ANOM

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

: Puskesmas Wringinanom

: Jln. Raya Wringinanom No.111 – Wringinanom – Gresik

: 031 8975330

: pkmwringinanom@yahoo.com

: drg. Jon Sudiro Hendrata

: PELAYANAN RAWAT JALAN

  a. Loket Pendaftaran

  b. Poli Lansia (Lanjut Usia)

  c. Poli Umum

  d. Poli MTBS (Manajemen Terpadu Balita Sakit) /Anak

  e. Poli Gigi

  f. Poli P2

  g. Klinik Sanitasi

  h. Poli KIA/KB (Kesehatan Ibu dan Anak/Keluarga Berencana)

  i. Imunisasi Bayi dan Balita

  j. Poli IVA

  k. Poli DDTK

  l. Pelayanan Gizi

  m. Poli IMS

  n. Pelayanan Obat

  PELAYANAN 24 JAM

  a. Unit Gawat Darurat

  b. Persalinan

  c. Ambulans

  PELAYANAN PENUNJANG

  a. Laboratorium

  JENIS PELAYANAN UKM
  a. Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)/ KB
  b. Promosi Kesehatan (Promkes)
  c. Pencegahan Penyakit (P2)

  d. Pelayanan Gizi Masyarakat
  e. Kesehatan Lingkungan (Kesling)
  f. Keluarga Berencana (KB)
  g. Imunisasi
  h. Pengamatan Penyakit / Surveilans
  i. Kesehatan Gigi Masyarakat
  j. Kesehatan Jiwa Masyarakat
  k. Kesehatan Indra
  l. Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK)
  m. P2 Diare/ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut)
  n. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
  o. Kesehatan Lanjut Usia (Lansia)
  p. Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas/ PHN)
  q. P2 HIV
  r. Kesehatan Olahraga
  s. P2 IVA
  t. P2 DBD
  u. Posbindu / PTM

VISI

“MENJADI PUSKESMAS HARAPAN MASYARAKAT DENGAN PELAYANAN YANG BERMUTU, MERATA ,ADIL DAN MENDORONG KEMENDIRIAN MASYARAKAT UNTUK MENJADI MASYARAKAT SEHAT

MISI

  1. Memberikan pelayanan kesehatan bermutu,Terjangkau, merata bagi masyarakat.
  2. Meningkatkan kemandirian dan peran serta masyarakat untuk mewujudkan perilaku hidup bersih & Sehat.
  3. Mengembangkan pelayanan kesehatan untuk terwujudnya kepuasan pelangan.
  4. Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan degan SDM yang kompeten, Profesional, santun dan peduli.

MOTTO

“KEPUASAN ANDA KEBAHAGIAN KAMI”

TATA NILAI

SENYUM

ULET

KREATIF

AKTIF

DISIPLIN

INOVATIF

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS WRINGINANOM

NOKOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2.Persyaratan Pelayanan

Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan

Kartu Tanda Penduduk atau dokumen lain yang memuat Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Kartu Kunjungan Pasien untuk pasien yang sudah  pernah berkunjung (Pasien Lama)

3.Sistem, Mekanisme dan Prosedur

PASIEN BARU

  1. Pasien mengambil nomor antrian loket
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomor antrian loket, ibu hamil,usia 60 tahun keatas,disabilitas (cacat) bisa didahulukan
  3. Petugas meminta kartu identitas (KTP/sim/kartu pelajar dan kartu bpjs bila pasien bpjs.
  4. Petugas membuat Rekam Medis dan mencetak Kartu Kunjungan Pasien
  5. Petugas mencatat pada buku register dan  memasukkan identitas pasien ke dalam aplikasi pendaftaran (SIKDA dan PCare)
  6. Petugas menanyakan poli yang dituju kepada pasien
  7. Petugas menyerahkan lembar rekam medis pada poli tujuan
  8. Pasien menunggu panggilan dari poli yang dituju

PASIEN LAMA

  1. Pasien mengambiI nomor antrian Ioket
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomor antrian  loket
  3. Petugas meminta Kartu Kunjungan Pasien dan Kartu Peserta JKN bagi peserta BPJS Kesehatan
  4. Petugas melakukan pencarian dan pendaftaran pelayanan di aplikasi pendaftaran (SIKDA dan PCare)
  5. Petugas mengambil rekam medis dirak rekam medis
  6. Petugas menanyakan poli yang dituju kepada pasien
  7. Petugas menyerahkan lembar rekam medis pada poli tujuan
  8. Pasien menunggu panggilan dari poli yang dituju
4.Jangka Waktu Penyelesaian

Pasien Baru 15 Menit

Pasien Lama 5 menit

5.Biaya TarifTidak dipungut biaya (gratis)
6.Produk PelayananPendaftaran Rawat Jalan
7.Sarana, Prasarana dan UtilitasSeperangkat Komputer, Printer, Jaringan Internet, Berkas Rekam Medis, Kertas Kartu Kunjungan

8.

Kompetensi Pelaksana

  1. Menguasai pengoperasian komputer
  2. Pendidikan SLTA dan D3 Perekam Medis
9.Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10.Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Telepon               : 085850810050
  3. Email                  : pkmwringinanom@yahoo.com
  4. Pengaduan         :  pengaduan.gresikkab.go.id

                                  https://www.lapor.go.id

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.Jumlah Pelaksana3 (Tiga) orang
12.Jaminan PelayananPelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14.Evaluasi Kinerja PelaksanaSetiap Hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN DI PUSKESMAS WRINGINANOM

NOKOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentangPelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
2.Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Nomor antrian poli
3.Sistem, Mekanisme dan Prosedur
  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut
    antrian, jika dipanggil tidak ada maka dilewati satu nomor pasien berikutnya
  2. Petugas mempersilakan pasien masuk ke ruang pemeriksaan
  3. Petugas menanyakan kesesuaian Nama dan Alamat dengan identitas di Rekam Medis
  4. Petugas menanyakan keluhan
  5. Petugas melakukan pemeriksaan tanda vital
  6. Petugas melakukan pemeriksaan fisik sesuai keluhan dan gejala
  7. Jika memerlu an pemeriksaan penunjang, petugas membuat surat permintaan pemerikssaan penunjang dan menyerahkan kepada pasien untuk diserahkan ke bagian laboratorium
  8. jika memerlukan tindakan, petugas membuat surat pengantar tindakan dan menyerahkan kepada pasien untuk diserahkan ke ruang tindakan
  9. jika memerlukan rujukan antar poli, petugas mem buat surat rujukan antar poli dan mem persilakan pasien menuju poli ya ng dituju. Petugas mengantarkan Rekam Medis ke poli yang dituju
  10. Setelah pemeriksaan atau hasil pemeriksaan penunjang diterima, Petugas membuat resep obat jika diperlukan
  11. Petugas memberikan konsel ing tentang penyakit, obat-obatan yang diberikan serta hal – hal yang harus diperhati kan oleh pasien di rumah
  12. Petugas mencatat hasil pemeriksaan dan tindakan di Rekam Medis
  13. Petugas menyerahkan resep obat
  14. Petugas mempersilahkan pasien untuk keruang farmasi
4.Jangka Waktu PenyelesaianPasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 15 menit
5.Biaya Tarif
  1. Biaya pemeriksaan  penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa biaya)
6.Produk PelayananPemeriksaan Rawat Jalan
7.Sarana, Prasarana dan UtilitasRuang pemeriksaan, alat kesehatan, Rekam Medis, obat-obatan

8.

Kompetensi Pelaksana

  1. Perawat
  2. Dokter
  3. Tenaga administrasi
9.Pengawasan Internal
  1.  Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10.Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Call Center         : 085850810050
  3. Email                 : pkmwringinanom@yahoo.com
  4. Pengaduan         : pengaduan.gresikkab.go.id

                                 https://www.lapor.go.id

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.Jumlah Pelaksana3 (Tiga) orang
12.Jaminan PelayananPelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien
14.Evaluasi Kinerja PelaksanaSetiap Hari

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

SERTIFIKAT DAN PENGHARGAAN