PUSKESMAS BENJENG

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

: PUSKESMAS BENJENG

: JL. RAYA NYANYAT NO.34 BULUREJO BENJENG

: 031-7921167

: puskbenj@gmail.com

: dr. SONI

: a. UGD 24 Jam

  b. Persalinan (Poned) 24 jam

  c. Rawat Inap

  d. Poli Umum

  e. Poli Gigi

  f. Poli Kia / KB

  g. Poli TB / Kusta

  h. Poli IVA

  i. Imunisasi

  j. Klinik Sanitasi

  k. Klinik Gizi

  l. Laboratorium

  m. Rujukan

  n. Melayani Peserta BPJS

VISI

“TERWUJUDNYA MASYARAKAT BENJENG YANG MANDIRI DAN BERKEADILAN UNTUK HIDUP SEHAT

MISI

  1. Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau.
  2. Meningkatkan kualitas kesehatan Lingkungan
  3. Meningkatkan Kemandirian Masyarakat untuk berperilaku hidup Bersih dan Sehat
  4. Peningkatan Upaya Pencegahan Penyakit menular dan penyakit tidak menular

MOTTO

“BEKERJA SEPENUH HATI SERTA IKHLAS DALAM MELAYANI”

TATA NILAI

Bersih dan Rapi

Etika dalam bekerja

Nyaman pada pelanggan

Jujur dalam bertindak

Empati pada kebutuhan pelanggan

Norma-norma yang berlaku patuhi

Gerak cepat dan sigap dalam memberi pertolongan

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS BENJENG

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

2.

Persyaratan Pelayanan

  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Kartu Tanda Penduduk atau dokumen lain yang memuat Nomor Induk Kependudukan (NIK)/KK
  3. Kartu Kunjungan Pasien untuk pasien yang sudah pernah berkunjung (Pasien Lama)

3.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

PASIEN BARU

  1. Pasien mengambil nomor antrian loket
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomor antrian loket, jika dipanggil 3 kali tidak ada maka akan dilewati jika nomor sudah terlewati 5 nomor, maka pasien ambil nomor antian baru
  3. Petugas meminta kartu identitas (KTP atau dokumen lain) dan Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  4. Petugas memasukkan identitas pasien ke dalam aplikasi pendaftaran (SIKDA dan PCare) dan mencetak kartu kunjungan pasien
  5. Petugas menanyakan poli yang dituju kepada pasien
  6. Mempersilakan pasien menunggu di ruang tunggu poli pelayanan
  7. Petugas membuat Rekam Medis
  8. Petugas mengantarkan berkas Rekam Medis ke poli pelayanan

PASIEN LAMA

  1. Pasien mengambil nomor antrian loket
  2. Petugas memanggil sesuai urutan nomor antrian loket, jika dipanggil 3 kali tidak ada maka akan dilewati
  3. Petugas meminta Kartu Kunjungan Pasien dan Kartu Peserta JKN bagi peserta BPJS Kesehatan
  4. Petugas melakukan pencarian dan pendaftaran pelayanan di aplikasi pendaftaran (SIKDA dan PCare)
  5. Petugas menanyakan poli yang dituju kepada pasien
  6. Petugas mengambil Rekam Medis sesuai nomor rekam medis dalam Kartu Kunjungan Pasien
  7. Petugas mengantarkan berkas Rekam Medis ke poli pelayanan

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

Pasien Baru 5 Menit

Pasien Lama 2 menit

5.

Biaya Tarif

Tidak dipungut biaya (gratis)

6.

Produk Pelayanan

Pendaftaran Rawat Jalan

7.

Sarana, Prasarana dan Utilitas

Seperangkat Komputer, Printer, Jaringan Internet, Berkas Rekam Medis, Kertas Kartu Kunjungan

8.

 

Kompetensi Pelaksana

 

  1. Menguasai pengoperasian komputer 
  2. Pendidikan SLTA, D3 Perekam Medis, D1 Asisten para medis dan perawatan kesehatan, D1 Komputer

9.

Pengawasan Internal

  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas

10.

Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan

  1. Kotak saran
  2. Telepon           :  0317921167 , 0812143213520
  3. Email              :  puskbenj@gmail.com
  4. Pengaduan      : WWW.PUSKESMASBENJENG.COM

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas/tim keluhan pelanggan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.

Jumlah Pelaksana

5 (lima) orang

12.

Jaminan Pelayanan

Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien

14.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Setiap Hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN POLI UMUM DI PUSKESMAS BENJENG

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

2.

Persyaratan Pelayanan

  1.  Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Nomor antrian poli
  3. KK

3.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut antrian, jika dipanggil tidak ada maka dilewati satu nomor pasien berikutnya
  2. Petugas mempersilakan pasien masuk ke ruang pemeriksaan
  3. Petugas menanyakan kesesuaian Nama dan Alamat dengan identitas di Rekam Medis
  4. Petugas menanyakan keluhan
  5. Petugas melakukan pemeriksaan tanda vital
  6. Petugas melakukan pemeriksaan fisik sesuai keluhan dan gejala
  7. Jika memerlukan pemeriksaan penunjang, petugas membuat surat permintaan pemeriksaan penunjang dan menyerahkan kepada pasien untuk diserahkan ke bagian laboratorium
  8. Jika memerlukan tindakan, petugas membuat surat pengantar tindakan dan mengantarkan pasien ke ruang tindakan
  9. Jika memerlukan rujukan antar poli, petugas membuat surat rujukan antar poli dan mempersilakan pasien menuju poli yang dituju. Petugas mengantarkan Rekam Medis ke poli yang dituju
  10. Setelah pemeriksaan atau hasil pemeriksaan penunjang diterima, Petugas membuat resep obat jika diperlukan
  11. Petugas memberikan konseling tentang penyakit, obat-obatan yang diberikan serta hal-hal yang harus diperhatikan oleh pasien di rumah
  12. Petugas mencatat hasil pemeriksaan dan tindakan di Rekam Medis
  13. Petugas menyerahkan resep obat
  14. Petugas mempersilakan pasien keluar ruang pemeriksaan dan mengucapkan “Semoga Lekas Sembuh”

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

Pasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 10 menit

5.

Biaya Tarif

  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa iur biaya)

6.

Produk Pelayanan

Pemeriksaan Rawat Jalan

7.

Sarana, Prasarana dan Utilitas

Ruang pemeriksaan, alat kesehatan, Rekam Medis, obat-obatan

8.

 

Kompetensi Pelaksana

 

  1. Menguasai pengoperasian komputer
  2. Pendidikan

9.

Pengawasan Internal

  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas

10.

Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan

  1. Kotak saran
  2. Call Center      :  082143213520
  3. Email              :  puskbenj@gmail.com
  4. Pengaduan      : WWW.PUSKESMASBENJENG.COM

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas/tim keluhan pelanggan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.

Jumlah Pelaksana

4 (empat) orang

2 dokter dan 2 perawat

12.

Jaminan Pelayanan

Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien

14.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Setiap Hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN POLI DM & HT DI PUSKESMAS BENJENG

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

2.

Persyaratan Pelayanan

  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Kartu berkunjung Puskesmas
  3. Nomor antrian berdasarkan entry SIKDA

3.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut antrian, jika dipanggil tidak ada maka dilewati satu nomor pasien berikutnya
  2. Petugas mempersilakan pasien masuk ke ruang pemeriksaan
  3. Petugas menanyakan kesesuaian Nama dan Alamat dengan identitas di Rekam Medis
  4. Petugas melakukan anamnesa terhadap pasien
  5. Petugas melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital
  6. Petugas melakukan pemeriksaan fisik sesuai keluhan dan gejala
  7. Jika memerlukan pemeriksaan penunjang, petugas membuat surat permintaan pemeriksaan penunjang dan menyerahkan kepada pasien untuk diserahkan ke bagian laboratorium
  8. Jika memerlukan tindakan, petugas membuat surat pengantar tindakan dan mengantarkan pasien ke ruang tindakan
  9. Jika memerlukan rujukan antar poli, petugas membuat surat rujukan antar poli dan mempersilakan pasien menuju poli yang dituju. Petugas mengantarkan Rekam Medis ke poli yang dituju
  10. Setelah pemeriksaan atau hasil pemeriksaan penunjang diterima,
  11. Petugas mencatat hasil pemeriksaan dan tindakan di Rekam Medis
  12. Petugas memberikan konseling tentang penyakit, obat-obatan yang diberikan serta hal-hal yang harus diperhatikan oleh pasien di rumah
  13. Petugas membuat resep obat jika diperlukan
  14. Petugas menyerahkan resep obat
  15. Petugas mempersilakan pasien keluar ruang pemeriksaan dan mengucapkan “Semoga Lekas Sembuh”

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

Pasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 15 menit

5.

Biaya Tarif

  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa iur biaya)

6.

Produk Pelayanan

Pemeriksaan Rawat Jalan

7.

Sarana, Prasarana dan Utilitas

Ruang pemeriksaan, alat kesehatan, Rekam Medis.

8.

 

Kompetensi Pelaksana

 

  1. Menguasai pengoperasian komputer
  2. Pendidikan S1 kedokteran, D3 perawat

9.

Pengawasan Internal

  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas

10.

Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan

  1. Kotak saran
  2. Call Center  :  082143213520
  3. Email           :  puskbenj@gmail.com
  4. Website        : WWW.PUSKESMASBENJENG.COM

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas/tim keluhan pelanggan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.

Jumlah Pelaksana

2 (Dua) orang

12.

Jaminan Pelayanan

Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien

14.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Setiap Hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN LABORATORIUM DI PUSKESMAS BENJENG

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 25Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

2.

Persyaratan Pelayanan

  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Nomor antrian poli

3.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Petugas memanggil pasien sesuai tumpukan lembar permintaan pada keranjang, jika dipanggil tidak ada maka dilewati satu pasien berikutnya
  2. Petugas mempersilakan pasien masuk keruang sampling
  3. Petugas menanyakan kesesuaian Nama dan Alamat dengan identitas di Rekam Medis
  4. Petugas melakukan pengambilan sampel sesuai pemeriksaan di lembar permintaan
  5. Petugas melakukan proses pemeriksaan laboratorium
  6. Petugas menulis hasil dan memberikan kepada pasien
  7. Hasil pemeriksaan diberikan kepada poli pengirim

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

Jangka waktu penyelesaian :

  1. Hematologi 45 menit
  2. Kimia darah 45 menit
  3. Serologi 20 menit
  4. Urine lengkap 20 menit
  5. Faecesrutin 30 menit
  6. Fiksasi sputum BTA 20 meit

5.

Biaya Tarif

  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa iur biaya)

6.

Produk Pelayanan

Pemeriksaan dari poli, UGD dan rawat inap

7.

Sarana, Prasarana dan Utilitas

Ruang sampling dan ruang pemeriksaan laboratorium

8.

 

Kompetensi Pelaksana

 

Analis kesehatan

9.

Pengawasan Internal

  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas

10.

Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan

  1. Kotak saran
  2. Call Center            :  031 7921167
  3.  Email                   :  puskbenj@gmail.com
  4. Pengaduan            : WWW.PUSKESMASBENJENG.COM

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas/tim keluhan pelanggan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.

Jumlah Pelaksana

2 (dua) orang

12.

Jaminan Pelayanan

Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6 (enam) Sasaran Keselamatan Pasien

14.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Setiap Hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN KIA DI PUSKESMAS BENJENG

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

2.

Persyaratan Pelayanan

  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Nomor antrian poli

3.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut antrian, jika dipanggil tidak ada maka dilewati satu nomor pasien berikutnya
  2. Petugas mempersilakan pasien masuk ke ruang pemeriksaan
  3. Petugas menanyakan kesesuaian Nama dan Alamat dengan identitas di Rekam Medis
  4. Petugas melakukan anamnesa
  5. Pemeriksaan dengan 10T
  6. Melakukan pemeriksaan penunjang, petugas membuat surat permintaan pemeriksaan penunjang dan menyerahkan kepada pasien untuk diserahkan kebagian laboratorium
  7. Membuat rujukan antar poli, petugas membuat surat rujukan antar poli dan mempersilakan pasien menuju poli yang dituju. Petugas mengantarkan Rekam Medis ke poli yang dituju
  8. Setelah pemeriksaan atau hasil pemeriksaan penunjang diterima, Petugas membuat resep obat jika diperlukan
  9. Petugas memberikan konseling tentang penyakit, obat-obatan yang diberikan serta hal-hal yang harus diperhatikan oleh pasien di rumah
  10. Petugas mencatat hasil pemeriksaan dan tindakan di Rekam Medis
  11. Petugas menyerahkan resep obat
  12. Petugas mempersilakan pasien keluar ruang pemeriksaan dan mengambil resep diruang obat

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

Pasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 15 menit

5.

Biaya Tarif

  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa iuran biaya)

6.

Produk Pelayanan

Pemeriksaan Rawat Jalan

7.

Sarana, Prasarana dan Utilitas

Ruang pemeriksaan, alatkesehatan, Rekam Medis, obat-obatan

8.

 

Kompetensi Pelaksana

Bidan

9.

Pengawasan Internal

  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas

10.

Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan

  1. Kotak saran
  2. Call Center      :  031 7921167
  3. Email              :  puskbenj@gmail.com
  4. Pengaduan      : WWW.PUSKESMASBENJENG.COM

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas/tim keluhan pelanggan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.

Jumlah Pelaksana

2 (Dua) orang

12.

Jaminan Pelayanan

Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien

14.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Setiap Hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS BENJENG

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

2.

Persyaratan Pelayanan

  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Kartu berkunjung Puskesmas
  3. Nomor antrian berdasarkan Entri SIKDA

3.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut antrian, jika dipanggil tidak ada maka dilewati satu nomor pasien berikutnya
  2. Petugas mempersilakan pasien masuk ke ruang pemeriksaan Gigi dan Mulut
  3. Petugas menanyakan kesesuaian Nama dan Alamat dengan identitas dan kelengkapan riwayat penyakit di Rekam Medis
  4. Petugas melakukan anamnesa terhadap pasien berdasarkan keluhan  
  5. Petugas  melakukan pemeriksaan Ekstra Oral
  6. Petugas melakukan pemeriksaan Intra oral/ Rongga Mulut
  7. Petugas melakukan pemeriksaan penunjang Jika diperlukan membuat surat permintaan pemeriksaan penunjang dan menyerahkan kepada pasien untuk diserahkan ke bagian laboratorium/antar poli
  8. Jika memerlukan rujukan antar poli,  petugas membuat surat rujukan antar poli dan mempersilakan pasien menuju poli yang dituju. Petugas mengantarkan Rekam Medis ke poli yang dituju
  9. Petugas menerangkan hasil pemeriksaan kepada pasien dan menegakkan diagnosa
  10. Petugas  menentukan rencana perawatan dan tindakan dengan inform consent/ persetujuan tindakan
  11. Dokter Gigi/petugas melakukan tindakan
  12. Petugas mencatat hasil pemeriksaan dan tindakan di Rekam Medis
  13. Petugas memberikan konseling/ Dental Health Education tentang penyakit, obat-obatan yang diberikan serta hal-hal yang harus diperhatikan oleh pasien pasca perawatan/tindakan
  14. Dokter Gigi membuat resep obat jika diperlukan
  15. Petugas menyerahkan resep obat

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

Pasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 10 -15 menit

Pasien dengan tindakan 15 – 30 menit

5.

Biaya Tarif

  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa iur biaya)

6.

Produk Pelayanan

Pemeriksaan Rawat Jalan

7.

Sarana, Prasarana dan Utilitas

Ruang pemeriksaan, alat kesehatan, Rekam Medis.

8.

 

Kompetensi Pelaksana

 

  1. Dokter Gigi
  2. Perawat Gigi

9.

Pengawasan Internal

  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas

10.

Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan

  1. Kotak saran
  2. Call Center  :  082143213520 / 031-7921167
  3. Email          :  puskbenj@gmail.com
  4. Website       : WWW.PUSKESMASBENJENG.COM

Pengaduan  :

 

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas/tim keluhan pelanggan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.

Jumlah Pelaksana

2 (Dua) orang

12.

Jaminan Pelayanan

Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien

14.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Setiap Hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN UGD DI PUSKESMAS BENJENG

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

2.

Persyaratan Pelayanan

  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Kartu berkunjung Puskesmas
  3. Nomor antrian poli

3.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

PASIEN LOKET

A. RUJUKAN DARI POLI

  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut antrian, jika dipanggil tidak ada maka dilewati satu nomor pasien berikutnya
  2. Petugas mempersilakan pasien masuk ke ruang pemeriksaan
  3. Petugas menanyakan kesesuaian Nama dan Alamat dengan identitas di Rekam Medis
  4. Petugas melakukan anamnesa ulang dan edukasi tindakan yang akan dilakukan sesuai permintaan dari poli
  5. Petugas melakukan inform consent
  6. Petugas menyiapkan peralatan dan melakukan tindakan sesuai  advis dari dokter/poli perujuk
  7. Petugas melakukan pencatatan hasil tindakan di rekam medis ,dan melaporkan kembali ke poli perujuk
  8. Petugas memberikan nota pembayaran tindakan ke kasir bagi pasien umum
  9. Petugas memberikan konseling dan mengembalikan pasien ke poli perujuk bagi pasien yang tidak membutuhkan untuk dilakukan rawat inap atau rujukan ke RS

B. PASIEN LANGSUNG KE UGD

  1. Petugas menyuruh pengantar pasien untuk ambil nomer antrian di loket
  2. Petugas melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital dan anamnesa pasien
  3. Petugas melakukan konsul dokter
  4. Jika memerlukan pemeriksaan laboratorium petugas langsung memberikan surat pengantar laborat ke laboratorium,bagi pasien umum harus melalukan pembayaran laborat ke kasir dulu
  5. Petugas memberikan inform consent bila diperlukan
  6. dilakukan tindakanPetugas melakukan konsul ulang ke dokter untuk menentukan terapi lanjutan
  7. Petugas memberikan resep pada pasien/keluarga bila pasien rawat jalan
  8. Petugas berkoordinasi dengan petugas rawat inap jika pasaien harus rawat inap
  9. Petugas berkoordinasi dengan RS bila pasien harus dirujuk

C. PASIEN LUAR LOKET

  1. Petugas menanyakan kartu identitas pasien berupa KTP/KIS/Kartu kunjungan puskesmas
  2. Petugas melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital dan anamnesa pasien
  3. Petugas melakukan konsul dokter
  4. Petugas melakukan inform consent bila diperlukan untuk dilakukan tindakan
  5. Petugas memberikan obat sesuai advis dokter dan pasien boleh pulang bagi pasien rawat jalan
  6. Petugas berkoordinasi dengan rawat inap bagi pasien yang memerlukan perawatan
  7. Petugas berkoordinasi dengan RS bagi pasien yang memerlukan rujukan.

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

  1. Pasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 20 menit
  2. Pasien dengan tindakan dan observasi 2-3 jam

5.

Biaya Tarif

  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa iur biaya)

6.

Produk Pelayanan

Pemeriksaan Rawat Jalan

7.

Sarana, Prasarana dan Utilitas

Ruang pemeriksaan, alat kesehatan, Rekam Medis.

8.

 

Kompetensi Pelaksana

 

  1. Dokter
  2. Perawat
  3. Bidan

9.

Pengawasan Internal

  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas

10.

Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan

  1. Kotak saran
  2. Call Center  :  082143213520
  3. Email          :  puskbenj@gmail.com
  4. Website       : WWW.PUSKESMASBENJENG.COM

Pengaduan:

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas/tim keluhan pelanggan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.

Jumlah Pelaksana

2 (Dua) orang

12.

Jaminan Pelayanan

Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien

14.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Setiap Hari

STANDAR PELAYANAN RESEP RAWAT JALAN DI PUSKESMAS BENJENG

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615);
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
  5. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 26 tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 74 tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas

2.

Persyaratan Pelayanan

  1. Kartu Kunjungan Pasien
  2. Resep Rawat Jalan
  3. Nomor Antrian Resep

3.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Pasien menaruh resep di kotak penerimaan resep
  2. Petugas mengambil resep, memeriksa kelengkapan resep, dan menomori antrian resep
  3. Petugas menyerahkan nomor antrian resep ke pasien dan memintanya menunggu di ruang tunggu
  4. Petugas menyiapkan dan meracik obat sesuai resep
  5. Petugas memberi etiket pada obat sambil memeriksa kesesuaian obat dengan resep
  6. Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrian resep disertai memeriksa kesesuaian resep dengan identitas pasien.
  7. Petugas menyerahkan obat ke pasien disertai penjelasan KIE sederhana sambil mencocokkan antara terapi obat dengan keluhan pasien
  8. Jika memerlukan konfirmasi dengan penulis resep, maka petugas meminta pasien menunggu , sementara petugas berkomunikasi dengan penulis resep
  9. Jika diperlukan konseling , maka pasien diminta masuk ke ruangan konseling untuk diberikan konseling tentang penyakit dan terapi obat
  10. Petugas mempersilakan pasien pulang dan mengucapkan “Semoga Lekas Sembuh”

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

Resep tanpa obat dispensing (puyer)maksimal 10 menit

5.

Biaya Tarif

Pelayanan Resep Rawat Jalan Gratis (tanpa iur biaya)

6.

Produk Pelayanan

Obat sesuai resep yang beretiket

7.

Sarana, Prasarana dan Utilitas

Tempat penerimaan resep, kantong kresek, plastik klip, kertas etiket, obat-obatan ,

8.

 

Kompetensi Pelaksana

Apoteker

9.

Pengawasan Internal

  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas

10.

Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan

  1. Kotak saran
  2. Call Center      :  031-7921167
  3. Email              : puskbenj@gmail.com
  4.  Pengaduan     : WWW.PUSKESMASBENJENG.COM

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleh petugas/tim keluhan pelanggan untuk dikoordinasikan dengan Pimpinan dan petugas terkait

11.

Jumlah Pelaksana

1 (Satu) orang

12.

Jaminan Pelayanan

Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
  3. Menerapkan 6(enam) Sasaran Keselamatan Pasien

14.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Setiap Hari

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

Tahun

Nilai IKM

Kategori Mutu

Kriteria Kinerja

2018

3,22

80,38%

B

BAIK

2019

3,26

81,79%

B

BAIK

2020

3,30

82,03%

B

BAIK

SERTIFIKAT DAN PENGHARGAAN