PUSKESMAS SLEMPIT

NAMA PUSKESMAS

ALAMAT

TELEPON

EMAIL

KEPALA PUSKESMAS

LAYANAN YANG TERSEDIA

: UPT Puskesmas Slempit

: Jl Raya Slempit No. 147 Kecamatan Kedamean

: (031) 7911963

: pkmslempit@gmail.com

: Plt. Kepala Puskesmas (drg. Estu Putri Tanjungsari)

: a. Pendaftaran dan Rekam Medik

  b. Pemeriksaan Umum

  c. Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut

  d. Pelayanan KIA-KB

  e. Pelayanan Kespro

  f. Pelayanan Imunisasi

  g. Pelayanan IVA

  h. Pelayanan MTBS

  i. Pelayanan 24 jam dan Gawat Darurat

  j. Kamar Obat

  k. Laboratorium

  Upaya Kesehatan Masyarakat Esensial

  a. Upaya Promosi Kesehatan

  b. Upaya Kesehatan Lingkungan

  c. Upaya Kesehatan Ibu dan Anak termasuk Keluarga Berencana

  d. Upaya Perbaikan Gizi

  e. Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular

     Pencegahan dan Pengendalian Tuberkulosis

     Pencegahan dan Pengendalian Kusta

     Imunisasi

     Pencegahan dan Pengendalian Demam Berdarah Dengue

     Pencegahan dan Pengendalian HIV-AIDS

     Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular

     Surveilans

     Pencegahan dan Pengendalian ISPA/Diare

  f. Perawatan Kesehatan Masyarakat

  Upaya Kesehatan Masyarakat Pengembangan

  a. Usaha Kesehatan Sekolah

  b. Jiwa

  c. Kesehatan Gigi dan Mulut

  d. Kesehatan Kerja dan Olahraga

  e. Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

  f. Indera

  g. Usia Lanjut

  h. Batra, Komplementer dan Alternatif

VISI

“PUSKESMAS DENGAN PELAYANAN PARIPURNA MENUJU MASYARAKAT MANDIRI UNTUK SEHAT”

MISI

  1. Mendorong kemandirian masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat
  2. Mengembangkan kerja sama lintas sektor dan lintas program dalam meningkatkan kesehatan masyarakat
  3. Mewujudkan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata, dan terjangkau dalam bentuk promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitative
  4. Membangun manajemen yang berbasis IT (Informasi dan Teknologi)

MOTTO

“LAYANANKU IBADAHKU”

TATA NILAI

S L  E  M  P  I  T

Sopan Santun

Loyal

Edukatif

Mumpuni

Profesional

Inovatif

Terampil

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS SLEMPIT

NO KOMPONEN URAIAN
1 Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  2. Undang- Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615)
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
2. Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Kartu Tanda Penduduk atau Dokumen lain yang memuat Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Kartu Kunjungan Pasien untuk pasien yang sudah pernah berkunjung (Pasien Lama)
3 Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Pasien Baru
  2. Pasien mengambil nomor antrian loket
  3. Petugas memanggil sesuai aturan nomor antrian loket, jika dipanggil 3 kali tidak ada maka akan dilewati 2 nomor antrian berikutnya
  4. Petugas menanyakan poli yang dituju kepada pasien
  5. Petugas meminta kartu identitas (KTP atau dokumen lain) dari Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  6. Petugas memasukkan identitas pasien ke dalam aplikasi pendaftaran (SIKDA dan PCare)
  7. Petugas memberikan nomor antrian poli pelayanan sesuai poli yang dituju dan mempersilakan pasien menunggu di ruang tunggu poli pelayanan
  8. Petugas membuat Rekam Medis dan mencetak kartu kunjungan pasien
  9. Petugas mengantarkan berkan Rekam Medis ke poli pelayanan
  10. Pasien Lama
  11. Pasien mengambil nomor antrian loket
  12. Petugas memanggil sesuai aturan nomor antrian loket, jika dipanggil 3 kali tidak ada maka akan dilewati 2 nomor antrian berikutnya
  13. Petugas menanyakan poli yang dituju kepada pasien
  14. Petugas meminta kartu identitas (KTP atau dokumen lain) dari Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  15. Petugas memasukkan identitas pasien ke dalam aplikasi pendaftaran (SIKDA dan PCare)
  16. Petugas memberikan nomor antrian poli pelayanan sesuai poli yang dituju dan mempersilakan pasien menunggu di ruang tunggu poli pelayanan
  17. Petugas mengantarkan berkan Rekam Medis ke poli pelayanan
4. Jangka Waktu Penyelesaian

Pasien baru 10 menit

Pasien lama 5 menit

5. Biaya Tarif Tidak dipungut biaya (gratis)
6. Produk Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan
7. Sarana, Prasarana, dan Utilitas Seperangkat Komputer, Printer, Jaringan Internet, Berkas Rekam Medis, Kertas Kartu Kunjungan
8. Kompetensi Pelaksana
  1. Menguasai pengoperasian computer
  2. Pendidikan SLTA dan D3 Rekam Medis
9. Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10. Penanganan Pengaduan, saran dan Masukan
  1. Kotak saran
  2. Telepon      : 085718099991
  3. Email         : pkmslempit@gmail.com
  4. Pengaduan : pengaduan.gresikkab.go.id

                          https://www.lapor.go.id

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleg petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan pimpinan dan petugas terkait

11. Jumlah Pelaksana 2 Orang
12. Jaminan Pelayanan Pelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perundangan yang berlaku
13. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuai perundang-undangan
14. Evaluasi kinerja pelaksana Setiap hari

STANDAR PELAYANAN PEMERIKSAAN PASIEN DI PUSKESMAS SLEMPIT

NOKOMPONENURAIAN
1.Dasar Hukum
  1. Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan public
  2. Undang- Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 615)
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
2.Persyaratan Pelayanan
  1. Kartu Peserta JKN untuk peserta BPJS Kesehatan
  2. Nomor antrian poli
3.Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut antrian, jika dipanggil tidak ada maka dilewati satu nomor pasien berikutnya
  2. Petugas mempersilahkan pasien masuk ke ruang pemeriksaan
  3. Petugas menanyakan kesesuaian Nama dan Alamat dengan identitas di Rekam Medis
  4. Petugas menanyakan keluhan
  5. Petugas melakukan pemeriksaan tanda vital
  6. Petugas melakukan pemeriksaan fisik sesuai keluhan dan gejala
  7. Jika memerlukan pemeriksaan penunjang, petugas membuat surat permintaan pemeriksaan penunjang dan menyerahkan kepada pasien untuk diserahkan ke bagian laboratorium
  8. Jika memerlukan tindakan, petugas membuat surat pengantar tindakan dan mengantarkan pasien ke ruang tindakan
  9. Jika memerlukan rujukan antar poli, petugas membuat surat rujukan antar poli dan mempersilahkan pasien menuju poli yang dituju. Petugas mengantarkan Rekam Medis ke poli yang dituju
  10. Setelah pemeriksaan atau hasil pemeriksaan penunjang diterima, petugas membuat resep obat jika diperlukan
  11. Petugas memberikan konseling tentang penyakit, obat-batan yang diberikan serta hal-hal yang harus di[erhatikan oleh pasien di rumah
  12. Petugas mencatat hasil pemeriksaan dan tindakan di Rekam Medis
  13. Petugas menyerahkan resep obat
  14. Petugas mempersilahkan pasien keluar ruang pemeriksaan dan menguvapkan “Semoga Lekas Sembuh”
4.Jangka Waktu PenyelesaianPasien tanpa pemeriksaan penunjang dan tindakan 15 menit
5.Biaya tarif
  1. Biaya pemeriksaan penunjang dan tindakan sesuai dengan Perda No. 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum
  2. Biaya untuk peserta JKN yang mendapatkan pelayanan sesuai jaminan Gratis (tanpa iur biaya)
6Produk PelayananPemeriksaan Rawat Jalan
7.Sarana, Prasarana, dan UtilitasRuang pemeriksaan, alat kesehata, Rekam medis, obat-obatan
8.Kompetensi Pelaksana
  1. Perawat
  2. Dokter
  3. Tenaga administrasi
9.Pengawasan Internal
  1. Tim Audit Internal
  2. Tim Manajemen Mutu
  3. Kepala Puskesmas
10.Penanganan Pengaduan, saran dan masukan
  1. Kotak saran
  2. Telepon      : 085718099991
  3. Email         : pkmslempit@gmail.com
  4. Pengaduan : pengaduan.gresikkab.go.id

                          https://www.lapor.go.id

Semua pengaduan yang masuk ditangani oleg petugas penanganan pengaduan untuk dikoordinasikan dengan pimpinan dan petugas terkait

11.Jumlah Pelaksana3 (tiga) orang
12.Jaminan PelayananPelayanan dilaksanakan sesuai Standar Pelayanan dan peraturan perUndangan yang berlaku
13.Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Pelayanan bebas KKN dan Pungli
  2. Menjaga kerahasiaan data sesuaiperUndang-Undangan
  3. Menerapkan 6 (enam) sasaran Keselamatan Pasien
14.Evaluasi Kinerja PelaksanaSetiap Hari

MAKLUMAT PELAYANAN

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

Tahun
Nilai IKM
Kategori MutuKriteria Kinerja
201873,33 %BBaik
201997,2 %ASangat Baik
202092 %ASangat Baik

SERTIFIKAT DAN PENGHARGAAN